adplus-dvertising

Deretan Destinasi Wisata Bahari di Sulawesi Tenggara, Nomor 9 Mendunia

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 24 Agustus 2022
1772 dilihat
Deretan Destinasi Wisata Bahari di Sulawesi Tenggara, Nomor 9 Mendunia
Keindahan Taman Nasional Wakatobi memang idealnya bisa dinikmati oleh mereka yang bisa snorkeling, ataupun diving. Tetapi, karena air lautnya sangat jernih, maka secara kasat matapun bisa terlihat dari atas. Foto: Repro nativeindonesia.com

" Sulawesi Tenggara memiliki luas 110.000 km². Kehidupan laut yang eksotis berlimpah dan rumah bagi ribuan spesies laut "

KENDARI, TELISIK.ID - Sebagai negara kepulauan, Indonesia juga dikelilingi oleh lautan yang sangat luas. Bahkan Indonesia dikenal sebagai negara maritim.

Sulawesi Tenggara memiliki luas 110.000 km². Kehidupan laut yang eksotis berlimpah dan rumah bagi ribuan spesies laut.

Dilansir dari agtvnews.com, dan idntimes.com, berikut ini beberapa wisata bahari yang ada di Sulawesi Tenggara, yaitu:


1. Pantai nirwana

Keindahan pantai nirwana yang terletak di Kota Baubau menyajikan pasir putih yang indah. Foto: Repro idntimes.com

 

Pantai Nirwana merupakan destinasi wisata laut yang terkenal dengan pantainya yang berpasir putih dan airnya yang biru jernih. Pantai ini cocok untuk kegiatan menyelam seperti snorkeling dan diving.

Jika anda tidak menyukai aktivitas air, Anda dapat menikmati pemandangan sambil berjemur atau berjalan-jalan di pantai. Pemandangan di Pantai Nirwana benar-benar indah dan menjadi latar belakang yang bagus untuk berfoto.

2. Pantai sagori

Keindahan pantai sagori yang terletak di Kabupaten Bombana menyajikan pemandangam alam yang cantik. Foto: Repro idntimes.com

 

Pantai Sagori adalah sebuah pantai indah dengan pemandangan alam yang cantik. Menariknya, Pantai Sagori menjadi tempat kediaman Suku Bajo.

Selain keunikan Suku Bajo dan pantainya, kamu juga bisa melakukan berbagai macam kegiatan. Snorkeling untuk melihat biota laut yang ada di Pantai Sagori. Selain itu, mintalah bantuan pemandu lokal untuk menuju ke bangkai kapal bersejarah yang karam.

3. Pulau bokori

Pantai bokori yang terletak di Kabupaten Konawe menawarkan keindahan laut dengan warna emerald yang sangat menakjubkan. Foto: Repro idntimes.com

 

Selain itu, ada Pulau Bokori yang juga menjadi pilihan destinasi wisata bahari yang bisa dikunjungi di Sulawesi Tenggara. Pulau ini memiliki beberapa pantai yang indah dan eksotis.

Fasilitas di Pulau Bokori sangat besar. Dari resor hingga restoran dengan menu seafood.

4. Pulau Muna

Pulau muna yang terletak di Kabupaten Muna dengan keindahan laut dan alamnya yang mempesona. Foto: Repro idntimes.com

 

Kabupaten Muna terkenal karena keindahan alamnya. Saat mengunjungi Sulawesi Tenggara, jangan lupa untuk mengunjungi daerah ini.

Baca Juga: Wajah Baru Borobudur, Bisa Lihat Lebih Dekat

Saat berada di sana, kamu akan dibuat takjub dengan keindahan alamnya. Setidaknya, ada sembilan tempat wisata yang bisa kamu eksplor. Dari semua tempat tersebut, tentu saja masih dalam kategori wisata bahari.

Ada Danau Moko yang asri dan sejuk, Pantai Panjala dengan pasirnya yang lembut, Tanjung Labora, Pantai Meleura dan masih lainnya.

5. Danau biru

Danau biru salah satu destinasi wisata yang terletak di Kabupaten Kolaka menawarkan keindahan danaunya yang jernih dan berwarna biru. Foto: Repro idntimes.com

 

Kolaka Utara menyimpan banyak kekayaan alam yang dijadikan objek wisata. Saat mengunjungi wilayah ini, sempatkan datang ke Desa Walasiho yang letaknya sangat mudah dijangkau.

Danau Biru Kolaka menjadi daya tarik utama pariwisata di Kolaka Utara. Tak jauh dari danau tersebut, kira-kira berjarak 12 meter saja, terdapat Pantai Kolaka yang indah.

Bahkan, kamu dapat melakukan kegiatan snorkeling di danau dengan kedalaman 7 meter ini. Saking jernihnya, kamu bisa melihat kehidupan biota laut, seperti ikan, saat menyelam di danau tersebut.

6. Pantai nambo

Pantai nambo salah satu destinasi wisata yang terletak di Kota Kendari dengan pemandangan alamnya yang luar biasa dengan hamparan pasir pantai yang indah. Foto: Repro idntimes.com

 

Pantai nambo merupakan salah satu pantai di Sulawesi Tenggara yang memiliki pemandangan eksotis. Sebagian besar wisatawan datang ke pantai ini pada sore hari untuk menikmati pemandangan matahari terbenam.

7. Pulau liwutongkidi

Pantai liwutongkidi salah satu destinasi wisata yang terletak di Kabupaten Buton cocok untuk menikmati keragaman lautnya. Foto: Repro idntimes.com

 

Kabupaten Buton juga mempunyai tempat yang bisa kamu jadikan untuk wisata, khususnya wisata bahari. Pulau Liwutongkidi adalah pulau dengan keeksotisan yang memesona.

Ombaknya yang tenang dengan airnya yang jernih bisa jadi tempat yang cocok untuk menikmati keragaman lautnya. Kamu bisa melakukan diving dan snorkeling di Pulau Liwutongkidi.

Selain itu, banyak kegiatan lain yang bisa kamu lakukan, lho. Pantainya yang indah dengan pasirnya yang lembut menjadi keunikan dari pulau ini.

8. Pantai katembe

Pantai katembe salah satu destinasi wisata yang terletak di Kabupaten Buton Tengah dengan pasir pantai warna merah muda selain itu air lautnya pun terkenal jernih. Foto: Repro pesisir.net

 

Hamparan pasir putih dan samudera biru dengan air jernih Pantai Katembe yang berada di Desa Madongka, Kecamatan Lakudo, Kabupaten Buton Tengah (Buteng).

Baca Juga: 7 Jembatan Terindah di Dunia Bak Negeri Dongeng, Ada Indonesia

Ini adalah pantai yang sangat menarik sehingga sangat erat kaitannya dengan legenda sehingga wisatawan yang penasaran ingin mengunjunginya secara langsung.

Menurut legenda pantai ini, pada suatu ketika ada seorang ibu yang menelantarkan anaknya dan menceburkan diri ke laut untuk menjadi putri duyung. Selain legenda ini, ada legenda lain yang berhubungan dengan sumur di pantai.

9. Taman Nasional Wakatobi

Keindahan Taman Nasional Wakatobi memang idealnya bisa dinikmati oleh mereka yang bisa snorkeling, ataupun diving. Tetapi, karena air lautnya sangat jernih, maka secara kasat matapun bisa terlihat dari atas. Foto: Repro nativeindonesia.com

 

Wisata bahari terbaik di Sulawesi Tenggara tidak diragukan lagi adalah Taman Nasional Wakatobi. Destinasi wisata yang sangat populer tidak hanya di Indonesia tetapi juga di luar negeri.

Dikutip dari wikipedia.com, Taman nasional Wakatobi merupakan salah satu surga bawah laut paling indah di dunia. Kabupaten Wakatobi terdiri dari empat pulau utama, yaitu Wangiwangi, Kalidupa, Tomia, dan Binongko. Nama Wakatobi merupakan akronim dari empat pulau utama itu. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

Baca Juga