Deretan Efek Samping Minum Kolagen

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Selasa, 27 Juni 2023
0 dilihat
Deretan Efek Samping Minum Kolagen
Bau mulut merupakan efek samping minum kolagen yang umum terjadi jika engonsumsi kolagen secara berlebihan. Foto: Hellosehat.com

" Kolagen adalah senyawa protein tak larut air yang berperan penting dalam proses pembentukan jaringan di dalam tubuh, termasuk jaringan kulit "

KENDARI, TELISIK.ID - Saat ini minuman kolagen sangat digemari, karena diyakini bisa membuat kulit menjadi lebih glowing. Kolagen adalah senyawa protein tak larut air yang berperan penting dalam proses pembentukan jaringan di dalam tubuh, termasuk jaringan kulit.

Sehingga minuman ini kerap dijadikan sebagai suplemen untuk menjaga serta mempercantik penampilan kulit. Namun, terdapat sejumlah efek samping minum kolagen yang perlu diwaspadai terutama jika dikonsumsi berlebihan.

Berikut efek samping kolagen jika diminum secara berlebihan seperti dilansir dari Alodokter.com dan siloamhospital.com:

1. Gangguan tidur

Produsen minuman kolagen mungkin saja menambahkan beberapa bahan lain, misalnya ekstrak tanaman herbal atau vitamin, seperti biotin. Penambahan bahan tersebut dilakukan untuk memperkaya manfaat minuman kolagen.

Baca Juga: Jangan Anggap Sepele Karang Gigi Penyebab Bau Mulut

Namun, kelebihan biotin di dalam tubuh justru dapat menyebabkan sulit tidur bahkan insomnia. Di tambah, bahan herbal pada minuman tersebut mungkin saja belum bisa dipastikan efektivitas dan keamanannya.

2. Gangguan pencernaan

Minuman kolagen dapat menyebabkan masalah pada saluran pencernaan. Gejala yang muncul bisa berupa kram perut, perut kembung, diare, atau sulit BAB.

Diare bisa terjadi karena kandungan biotin di dalam minuman kolagen. Biasanya, keluhan masalah pencernaan akibat minuman kolagen bisa mereda dengan sendirinya, kok.

3. Bau Mulut

Baca Juga: Buah Penurun Kolesterol Cocok Dikonsumsi Usai Santap Makanan Lebaran Idul Adha 2023

Bau mulut merupakan efek samping minum kolagen yang umum terjadi. Mengonsumsi kolagen secara berlebihan dapat mengubah keseimbangan bakteri di dalam mulut. Peningkatan pertumbuhan bakteri tertentu di dalam mulut dapat memicu produksi senyawa berbau yang mengakibatkan bau mulut.

4. Reaksi Alergi

Karena beberapa macam kolagen terbuat dari sisik atau kulit ikan, kolagen kerap menimbulkan reaksi alergi terutama pada seseorang yang sensitif dengan makanan laut. Reaksi alergi yang ditimbulkan di antaranya mengi, kulit gatal, sesak napas, sakit kepala, hingga pingsan. (B)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga