Deretan Fakta China jadikan Apartemen 19 Lantai untuk Jalur Kereta Api

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Jumat, 17 November 2023
0 dilihat
Deretan Fakta China jadikan Apartemen 19 Lantai untuk Jalur Kereta Api
Kota Chongqing adalah kota metropolis yang penduduknya berjumlah 49 juta jiwa. Jumlah penduduk yang banyak itu membuat para arsitek membuat transportasi publik seefisien mungkin. Foto: Hipwee.com

" Kereta api menjadi salah satu moda transportasi yang banyak digunakan oleh masyarakat di berbagai dunia. Selain memiliki kapasitas angkut massal, kereta api juga punya waktu tempuh yang lebih pasti dan singkat "

CHONGQING, TELISIK.ID - Kereta api menjadi salah satu moda transportasi yang banyak digunakan oleh masyarakat di berbagai dunia. Selain memiliki kapasitas angkut massal, kereta api juga punya waktu tempuh yang lebih pasti dan singkat.

Salah satunya di China, di negara tirai bambu ini menggunakan apartemen sebagai jalur kereta api. Apartemen yang berada di Chongqing, China Tenggara ini cukup unik karena di bagian tengahnya terdapat stasiun kereta. Setiap harinya, apartemen dilalui kereta api di bagian tengahnya.

1. Mudah dijangkau warga setempat

Di apartemen ini, orang-orang tidak perlu berangkat kerja buru-buru di pagi hari untuk ke stasiun pusat. Hal itu karena, stasiun transit yang ada di dalam gedung apartemen 19 lantai cukup mudah dijangkau oleh warga.

Baca Juga: Pakai Teknologi Canggih, Israel Kepung Terowongan Bawah Tanah Hamas

Dilansir Liputan6.com, stasiun transit yang ada di dalam gedung apartemen 19 itu rupanya dilewati oleh kereta. Warga bisa langsung naik ke lantai enam atau delapan untuk naik Chongqing Rail Transport No 2 di Stasiun Liziba.

2. Suara tak berisik

Kereta ini dilengkapi dengan ban karet dengan suspensi udara, dan menghasilkan 75,8 desibel suara -10 dB di atas percakapan normal seseorang. Salah satu warga, Lun, mengatakan tidak pernah mengalami kebisingan suara dari kereta.

Bahkan penghuni apartemen yang tinggal di atas jalur kereta tersebut pun mengatakan, suara kereta hanya terdengar ketika suasana sedang sepi, dan tenang karena didesain agar senyap seperti mesin cuci piring, kereta tersebut hampir tidak terlihat pada skala audibilitas.

Baca Juga: Pencetus Boikot Ternyata Orang Israel Sendiri, Begini Nasibnya Sekarang

3. Didesain khusus

Apartemen didesain dengan lima lantai pertama terdiri dari ruang komersial, lantai 9 hingga 19 adalah tempat tinggal. Selain menjadi jalur transportasi, stasiun tersebut sering dijadikan objek wisata kecil. Sebab, banyak orang yang datang, ingin melihat bagaimana sebuah kereta melalui apartemen. Tak sedikit pula mereka para wisatawan mengabadikannya dalam jepretan kamera seperti dikutip dari Viva.co.id.

Padatnya penduduk yang tinggal di Chongqing, Cina membuat arsitek dan perencana kota membangun apartemen ‘satu atap’ dengan jalur kereta. Kota Chongqing yang terletak di bagian tenggara Cina adalah kota metropolis yang penduduknya berjumlah 49 juta jiwa.

Jumlah penduduk yang banyak itu membuat para arsitek dan perencanaan kota mengeluarkan ide kreatifnya dalam membuat transportasi publik seefisien mungkin. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga