Deretan Fakta Manusia Tanpa Makan dan Minum

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 20 November 2022
0 dilihat
Deretan Fakta Manusia Tanpa Makan dan Minum
Jika tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman, kita dapat bertahan hidup paling tidak sekitar satu minggu. Jika masih ada asupan air tanpa makanan, seseorang bisa bertahan hidup sekitar 2 hingga 3 bulan. Foto: Repro Halodoc.com

" Wanita dapat menahan rasa lapar lebih lama dibandingkan pria, serta bertahan pada massa indeks tubuh yang lebih rendah "

KENDARI, TELISIK.ID - Manusia membutuhkan makan dan minum. Tanpa adanya sesuatu yang dikonsumsi, seseorang bisa tidak bertenaga hingga meregang nyawa.

Mengutip Halodoc.com, jika seseorang tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman, kita hanya dapat bertahan hidup paling tidak sekitar satu minggu. Jika masih ada asupan air tanpa makanan, lama seseorang bertahan hidup bisa sekitar 2 hingga 3 bulan.

Berikut ini deretan fakta manusia bisa hidup tanpa makan dan minum dilansir dari berbagai sumber.

1. Manusia bisa hidup tanpa makan hingga beberapa bulan

Mengutip Sindonews.com, berdasarkan hasil penelitian terhadap kasus orang-orang yang berada di situasi tanpa makan, tubuh dapat bertahan lebih lama dibandingkan bertahan tanpa minum.

Baca Juga: Lakukan 5 Persiapan Ini Agar Donor Darah Aman dan Nyaman

Kesimpulan dari penelitian tersebut mengatakan jika tubuh dapat bertahan selama dua bulan jika ada air minum yang dapat mencukupi kebutuhan air di dalam tubuh. Asupan air yang cukup dapat membuat manusia bertahan hidup tanpa makan hingga beberapa bulan.

2. Wanita mampu bertahan lebih baik dibanding pria

Dikutip Halodoc.com, wanita dapat menahan rasa lapar lebih lama dibandingkan pria, serta bertahan pada massa indeks tubuh yang lebih rendah. Hal ini karena wanita secara alami memiliki persentase lemak tubuh yang lebih tinggi.

Baca Juga: Sperma Dikeluarkan di Luar Miss V, Bisa Hamil atau Tidak? Berikut Penjelasannya

3. Sejumlah faktor ternyata memengaruhi durasi bertahan hidup

Dilansir dari Klikdokter com, sejumlah faktor memengaruhi durasi bertahan hidup tanpa makan, seperti berat badan, genetik, dan faktor lain yang memengaruhi kesehatan. Asupan air juga turut berperan menentukan berapa lama manusia bisa bertahan hidup tanpa makan.

Lama manusia bertahan tanpa makan memang bervariasi. Seseorang mungkin saja bisa hidup selama 1-2 bulan tanpa makan. Namun, karena tidak ada asupan zat gizi yang diperlukan tubuh untuk menjalankan fungsinya, orang yang tidak makan pasti mengalami kematian. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga