Deretan Fakta Unik dan Menarik Benteng Misterius Por-Bazhyn

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 22 Januari 2023
0 dilihat
Deretan Fakta Unik dan Menarik Benteng Misterius Por-Bazhyn
Metode konstruksinya menunjukkan bahwa Por-Bazhyn dibangun dalam tradisi arsitektur China dari Dinasti Tang. Foto: Repro Id.rbth.com

" Por-Bazhyn adalah reruntuhan bangunan di pulau danau yang tinggi di pegunungan Tuva selatan, Federasi Rusia "

SIBERIA, TELISIK.ID - Por-Bazhyn dikenal sejak abad ke-18 dan dieksplorasi pada 1891 untuk pertama kalinya. Pada 1957–1963, arkeolog Rusia SI Vajnstejn melakukan penggalian di beberapa area situs bangunan Por-Bazhyn.

Mengutip Sindonews.com, Por-Bazhyn adalah reruntuhan bangunan di pulau danau yang tinggi di pegunungan Tuva selatan, Federasi Rusia. Nama Por-Bazhyn ini berasal dari bahasa Tuvinian yang berarti 'rumah tanah liat', yang disematkan pada bangunan benteng di pulau misterius di Siberia.

Tidak adanya tanda bahwa benteng-benteng itu pernah digunakan, masih menjadi misteri dari Por-Bazhyn. Para ilmuwan membutuhkan lebih dari 120 tahun untuk memahami alasannya.

Dimulai 131 tahun yang lalu ketika ahli etnografi bernama Dmitry Klements menemukan sebuah benteng kuno di sebuah pulau yang indah di Danau Tere-Khol. Pulau itu terletak di salah satu dari daerah yang paling sulit dijangkau di Republik Tuva di perbatasan dengan Mongolia.

Apa yang dia lihat adalah suatu keanehan dengan berbagai alasan. Reruntuhan membentuk persegi panjang yang teratur dan terbentuk dengan baik disertai jalan labirin di dalamnya. Bangunan itu menyerupai mandala Buddha atau Hindu dan sangat berbeda dari apa pun yang pernah ditemukan di wilayah republik seperti dilansir dari Id.rbth.com.

Baca Juga: Iklim Semakin Menghangat, Salju di Swiss Mencair

Berikut fakta unik dan menarik Por-Bazhyn dikutip dari berbagai sumber.

1. Por-Bazhyn masih menyimpan misteri

Dilansir dari Kompas.com, belum jelas apakah Por-Bazhyn merupakan benteng pertahanan, kuil umat Buddha, atau sekadar tempat tinggal musim panas. Bahkan ada versi yang menyatakan adanya observatorium kuno di dalamnya. Arsitekturnya menyerupai benteng juga tetap menghasilkan banyak pertanyaan.

Tujuan dari dibangunnya Por-Bazhyn bukan satu-satunya misteri. Siapa yang membangunnya serta mengapa wilayah tersebut ditinggalkan (karena tidak ada bukti penyerangan) tetap membuat Por-Bazhyn menjadi pulau misterius di Siberia yang nyaris tidak tersentuh peradaban modern.

2. Dikaitkan dengan klan uyghur

Por-Bazhyn sejak akhir abad ke-19, telah dikaitkan dengan Uyghur karena lokasinya, tanggal penemuannya, dan kemiripan tata letaknya dengan kompleks istana Karabalgasun, ibu kota Kekhanan Uyghur.

Vajnstejn mengidentifikasi Por-Bazhyn sebagai bangunan istana, sesuai prasasti rahasia di batu Selenga, oleh Khagan Moyanchur (juga dikenal sebagai Bayanchur Khan, 747-759 M), setelah kemenangannya atas suku-suku lokal di 750 M.

3. Dibangun 777 Masehi

Baca Juga: 3 Fakta Menarik El Savador Saat Jadi Tuan Rumah Miss Universe 2023

Menurut studi dendrokronologi awal dan penanggalan radiokarbon menunjukkan bahwa benteng Por-Bazhyn dibangun antara tahun 770 dan 790 M. Para ekskavator menunjukkan bahwa ini terjadi pada masa pemerintahan Uyghur Bogu Qaghan, penerus Moyanchur.

4. Arsitektur China

Metode konstruksinya menunjukkan bahwa Por-Bazhyn dibangun dalam tradisi arsitektur China dari Dinasti Tang. Seperti teknik hangtu untuk konstruksi dinding tirai, dan langit-langit dougong di struktur interior.

5. Terletak di pulau terpencil

Benteng Por-Bazhyn berada di sebuah pulau kecil di Danau Tere-Khol, sekitar 1.300 meter di atas permukaan laut di pegunungan Sengelen Siberia selatan. Lokasinya 8 km di sebelah barat Desa Kungurtuk di sebelah tenggara Republik Tuva (Federasi Rusia), dekat dengan perbatasan Rusia dengan Mongolia. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga