Deretan Geopark Indonesia Diakui UNESCO, Nomor 7 dari Sulawesi

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 28 September 2022
0 dilihat
Deretan Geopark Indonesia Diakui UNESCO, Nomor 7 dari Sulawesi
Gunung Sewu di Yogyakarta ini mempunyai luas wilayah sekitar 1.802 kilometer persegi. Foto: Repro idntimes.com

" Danau terbesar di dunia ini mempunyai ukuran panjang 87 kilometer, lebar 27 kilometer, dan kedalaman 505 meter. Lokasinya terletak sekitar 176 kilometer arah barat Medan "

KENDARI, TELISIK.ID - Di antara banyak pilihan wisata di Indonesia, geopark merupakan salah satu kawasan liburan yang sangat edukatif. Tak hanya melihat keindahan alam, kamu juga bisa belajar mengenai budaya, adat dan warisan budaya setempat.

Geopark adalah sebagai sebuah kawasan yang memiliki unsur-unsur geologi terkemuka (outstanding), termasuk nilai arkeologi, ekologi dan budaya yang ada di dalamnya, di mana masyarakat setempat diajak berperan-serta untuk melindungi dan meningkatkan fungsi warisan alam.

Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri, berikut ini 6 geopark yang diakui oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) dilansir dari idntimes.com dan okezone.com yaitu:

1. Danau Toba di Pulau Samosir, Sumatera Utara

Danau terbesar di dunia ini mempunyai ukuran panjang 87 kilometer, lebar 27 kilometer, dan kedalaman 505 meter. Lokasinya terletak sekitar 176 kilometer arah barat Medan. Danau yang tercipta dari erupsi Gunung Toba Purba ini memiliki keragaman hayati (biodiversity), geologi (geodiversity), dan budaya (culturdiversity).

2. Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat

Gunung Rinjani merupakan surga kecil di Indonesia yang mempunyai Segara Anak sebagai ikonnya. Bukan hanya menonjolkan keindahan alamnya saja, ada banyak objek menarik lainnya. Ada pun di antaranya yakni candi Meru, desa tradisional Karang Bayan, Pulau Gili, air terjun Joben dan banyak lainnya.

3. Gunung Batur, Bali

Baca Juga: Deretan Miniatur Raja Ampat di Indonesia, 3 Diantaranya dari Sulawesi

Gunung Batur juga dikenal sebagai salah satu gunung berapi teraktif di Indonesia. Di sini juga terdapat sebuah danau berbentuk bulan Sabit yang berukuran sekitar 7,5 kilometer dan lebar 2,5 kilometer. 

4. Ciletuh, Jawa Barat

Geopark Ciletuh adalah kawasan geopark yang terletak di Sukabumi dengan berbagai objek wisata menarik. Geopark yang diresmikan pada 2018 ini terdapat Curug Cikanteh, Panenjoan, Puncak Darma, Pulau Batik dan lain-lain. Kawasan ini identik dengan bebatuan unik dan pemandangan yang indah

5. Belitong, Kepulauan Bangka Belitung

Belitong di Bangka Belitung ini terkenal memiliki batu-batuan besar di bibir pantai, hutan mangrove, pantai pasir putih, hingga eks-rehabilitasi tambang timah. Kawasan yang diresmikan pada 2020 ini juga memiliki lanskap geologi Bangka Belitung yang unik. Tak heran menjadi rumah bagi berbagai flora dan fauna, seperti ikan hampala dan ikan toman.

6. Gunung Sewu, Yogyakarta

Geopark di Yogyakarta ini mempunyai luas wilayah sekitar 1.802 kilometer persegi. Ada 13 situs alam yang terbagi tiga wilayah, mencakup Gunung Kidul, Wonogiri dan Pacitan.

Baca Juga: 7 Fakta Menarik yang Hanya Ada di Spanyol

Melansir cnnindonesia.com, Gunung Sewu memiliki Gunung Api Purba Nglanggeran yang berlokasi di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, yang yang berada pada deretan Pegunungan Baturagung. Gunung ini merupakan suatu gunung api purba yang terbentuk sekitar 0,6-70 juta tahun yang lalu.

Pendakian menuju puncak Gunung Api Purba Nglanggeran berdurasi kurang lebih dua jam, Jika berangkat sore, turis bisa menikmati matahari terbenam dari puncaknya.

7. Maros Pangkep, Sulawesi Selatan

Geopark Maros Pangkep di Sulawesi Selatan ini resmi diakui UNESCO pada 2022. Kawasan karst ini termasuk terbesar kedua di dunia.

Tak hanya itu, kawasan ini memiliki ratusan gua berisi lukisan prasejarah berusia 40.000 tahun. Geopark Maros Pangkep yang memiliki lanskap indah ini juga menjadi habitat jutaan spesies kupu-kupu. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

Baca Juga