Deretan HP dengan Radiasi Paling Tinggi, Xiaomi Mendominasi

Merdiyanto , telisik indonesia
Sabtu, 18 Mei 2024
0 dilihat
Deretan HP dengan Radiasi Paling Tinggi, Xiaomi Mendominasi
Deretan HP dengan Radiasi Paling Tinggi, Xiaomi Mendominasi

" Di era serba teknologi ini, HP menjadi sesuatu yang tidak bisa dilepas di kehidupan sehari-hari. Namun dibalik kecanggihan teknologi, HP bisa memancarkan sinar radiasi yang berbahaya bagi tubuh. Hasilnya, HP Xiaomi mendominasi "

KENDARI, TELISIK.ID - Di era serba teknologi ini, HP menjadi sesuatu yang tidak bisa dilepas di kehidupan sehari-hari. Namun dibalik kecanggihan teknologi, HP bisa memancarkan sinar radiasi yang berbahaya bagi tubuh. Hasilnya, HP Xiaomi mendominasi.

Dikutip dari Viva.co.id, layaknya kobaran api, radiasi HP punya dua sisi. Disatu sisi, kita dipermudah berhubungan dengan dunia luar. Disisi lain, bisa merusak kesehatan kita dalam jangka panjang.

Dikutip dari Suara.com - jaringan Telisik.id, radiasi sendiri diukur berdasarkan Tingkat Penyerapan Spesifik atau Specific Absorption Rate (SAR).

Baca Juga: DAK Non Fisik DTPHP Muna Rp 500 Juta Dukung Program Pencegahan Stunting

Pengukuran SAR menggunakan kecepatan tubuh kita dalam menyerap energi frekuensi radio dari sumber radiasi. Jadi, semakin besar nilai SAR dari HP, maka tingkat radiasinya semakin berbahaya.

Menurut laporan Stocklytics, radiasi dibagi menjadi dua kategori, pertama tingkat radiasi yang diterima di telinga. Kedua yakni tingkat radiasi yang diterima tubuh.

Untuk radiasi yang diterima telinga, ponsel kita mengeluarkan radiasi saat menelpon secara langsung tanpa aksesori seperti headset atau TWS. Sedangkan tingkat radiasi tubuh diterima saat ponsel itu didiamkan di dekat badan kalian.

Laporan Gizchina, Kamis (16/5/2024), Stocklytics membagikan lima besar daftar HP radiasi tertinggi. ternyata HP Xiaomi menjadi smartphone dengan radiasi tertinggi untuk empat besar, sisanya diisi Samsung.

Berikut daftar HP dengan radiasi tinggi.

Baca Juga: Rekomendasi HP dengan Kamera Terbaik Rp 3 Jutaan, Dilengkapi dengan Perekam Video 4K

1. Xiaomi Mi A1 = 1.75 (telinga), 0.76 (tubuh)

2. Xiaomi Mi A1 LTE Dual SIM = 1.75 (telinga), 0.76 (tubuh)

3. Xiaomi Mi Max 3 = 1.59 (telinga), 1.42 (tubuh)

4. Xiaomi Mi Mix 3 5G = 1.56 (telinga), 1.56 (tubuh)

5. Samsung Galaxy A23 5G = 1.49 (telinga), 1.25 (tubuh)

Lebih lanjut Stocklytics mengatakan tingkat radiasi ini kemungkinan akan semakin makin tinggi di masa depan akibat kehadiran HP 5G. Dimana, HP 5G menggunakan spektrum frekuensi yang lebih tinggi hingga 80GHz.

Sementara itu HP 2G, 3G, atau 4G rata-rata hanya menggunakan spektrum frekuensi dengan rentang 0,7-2,7 GHz yang lebih rendah. (C)

Penulis: Merdiyanto

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga