Deretan Makanan yang Baik Bagi Penderita Sesak Napas

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Jumat, 23 Juni 2023
0 dilihat
Deretan Makanan yang Baik Bagi Penderita Sesak Napas
Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa apel dapat mencegah berbagai risiko penyakit. Bukti terbaru, apel diketahui dapat membantu meningkatkan fungsi paru dan mengendalikan gejala asma. Foto: Repro Genpi.co

" Penderita asma tak bisa sembarangan dalam mengonsumsi makanan. Karena jika tidak, akan berdampak pada risiko kambuhnya asma "

KENDARI, TELISIK.ID - Menjaga asupan makanan yang dikonsumsi sehari-hari dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. Salah satunya adalah makanan bagi penderita asma. Penderita asma tak bisa sembarangan dalam mengonsumsi makanan. Karena jika tidak, akan berdampak pada risiko kambuhnya asma.

Dengan rutin mengonsumsi sejumlah makanan berikut, gejala sesak napas dapat dicegah karena nutrisi dari makanan tersebut bisa menjaga paru-paru tetap sehat.

Berikut makanan yang memiliki manfaat secara tidak langsung untuk mencegah sesak napas yang disebabkan oleh penyakit pernapasan, dilansir dari Kompas.com dan Hellosehat.com.

1. Apel

Sudah banyak penelitian yang berhasil membuktikan bahwa buah apel dapat mencegah berbagai risiko penyakit. Bukti yang terbaru, apel bahkan diketahui dapat membantu meningkatkan fungsi paru dan mengendalikan gejala asma.

Baca Juga: Makanan yang Tak Boleh Disimpan di Kulkas

Studi oleh para peneliti di Inggris mengungkapkan, penderita asma yang makan apel setiap hari berisiko lebih rendah mengalami serangan asma ketimbang yang tidak makan apel sama sekali.

2. Minyak zaitun

Faktanya, minyak zaitun dapat membantu melawan risiko kesehatan yang terkait dengan polusi udara yang berkontribusi dalam menyebabkan tekanan darah tinggi hingga gangguan pembuluh darah.

Sebuah studi yang dilakukan Environmental Protection Agency meninjau orang dewasa yang diberi asupan minyak zaitun, ikan berlemak dan tanpa mengonsumsi keduanya selama satu bulan.

Para peserta kemudian sengaja dibiarkan menghirup udara yang bersih dan udara yang tercemar polusi selama beberapa jam. Hasil studi menunjukkan, mereka yang mengonsumsi minyak zaitun secara rutin meningkatkan respons pembuluh darah terhadap polutan dan peningkatan kadar tPA (protein darah yang melarutkan gumpalan yang memicu sesak napas).

3. Teh hijau

Teh hijau mengandung senyawa berupa antioksidan yang kuat dan disebut katekin. Senyawa ini memiliki sifat antiinflamasi dan dapat melindungi paru-paru dari kerusakan oksidatif. Di samping itu, teh hijau juga memiliki kandungan quercetin, berupa antioksidan yang dapat bertindak sebagai antihistamin alami.

Baca Juga: Makanan Ini Bikin Kulit Glowing dan Awet Muda

Kandungan itu dapat membantu memperlambat pelepasan histamin dan bahan kimia penyebab peradangan lainnya di dalam tubuh yang memicu alergi dan sesak napas.

4. Bayam

Sayuran hijau seperti bayam ternyata juga masuk dalam daftar makanan yang baik dikonsumsi untuk penderita asma. Kandungan folat (vitamin B9) dalam bayam dapat membantu mengendalikan asma.

Studi yang diterbitkan dalam Annals of American Thoracic Society juga menemukan hal yang serupa. Para peneliti dalam studi tersebut melaporkan bahwa anak-anak yang kurang asupan folat dan vitamin D, delapan kali lebih besar berpotensi mengalami serangan asma. Hasil itu dibandingkan dengan anak-anak yang asupan kedua nutrisi tersebut cukup. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga