Deretan Manfaat Tidur Telanjang, Ternyata Bisa Redakan Stres dan Bikin Kulit Sehat

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 05 Februari 2024
0 dilihat
Deretan Manfaat Tidur Telanjang, Ternyata Bisa Redakan Stres dan Bikin Kulit Sehat
Tidur telanjang memastikan Anda mendapatkan waktu tidur yang cukup, yang kemudian juga memberi kulit Anda cukup waktu untuk pulih dan menyegarkan. Foto: Alodokter.com

" Mungkin terdengar aneh, tapi tidur telanjang atau tanpa busana ternyata memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan "

KENDARI, TELISIK.ID - Mungkin terdengar aneh, tapi tidur telanjang atau tanpa busana ternyata memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan.

Meski sebenarnya kurang umum dilakukan, tidur tanpa pakaian dapat meningkatkan kualitas tidur, mengurangi stres, dan bahkan menjaga berat badan tetap ideal.

Berikut ragam manfaat tidur telanjang untuk kesehatan, dirangkum dari berbagai sumber:

1. Tertidur lebih cepat

Salah satu manfaat tidur telanjang dilansir dari Alodokter.com, manfaat tidur telanjang yang pertama adalah membuat Anda lebih mudah terlelap.

Hal ini karena otak akan mendeteksi suhu tubuh yang dingin sebagai waktu yang tepat untuk tidur. Dengan tidur telanjang, suhu tubuh menjadi lebih cepat turun dan membuat Anda segera tertidur.

Baca Juga: Gegara Pacaran Sejak SD, Dokter Ini Temukan Pasien Hamil Duluan dan Kena Penyakit Kondiloma Akuminata

2. Kualitas tidur lebih baik

Mendinginkan tubuh tidak hanya membantu Anda tertidur lebih cepat, tetapi juga meningkatkan kualitas tidur Anda secara keseluruhan. Suhu ideal untuk kamar tidur Anda adalah antara 60 dan 67° Fahren (15 hingga 19° Celius).

Satu studi 2012 dari National Institutes of Health menemukan bahwa suhu ruangan tempat Anda tidur adalah salah satu faktor terpenting dalam mencapai kualitas tidur seperti dikutip dari Cnnindonesia.com.

3. Meredakan stres

Suhu tubuh yang lebih dingin saat tidur telanjang juga dikaitkan dengan peningkatan kualitas tidur. Tidur yang nyenyak memungkinkan otak untuk beristirahat sejenak dari situasi yang menimbulkan stres.

Di sisi lain, kurang tidur bisa membuat tubuh lebih banyak memproduksi hormon kortisol atau hormon stres. Pada akhrinya, stres malah makin membuat sulit tidur di malam hari.

4. Buat kulit lebih sehat

Tidur telanjang memastikan Anda mendapatkan waktu tidur yang cukup, yang kemudian juga memberi kulit Anda cukup waktu untuk pulih dan menyegarkan.

Karena itu, penting bagi Anda untuk mengikuti rutinitas perawatan kulit secara teratur dan memastikan bahwa Anda tidak pergi tidur tanpa membersihkan diri.

5. Menjaga berat badan tetap ideal

Meningkatnya kualitas tidur karena tidur telanjang, secara tidak langsung juga dapat mencegah kenaikan berat badan dan menjaga berat badan tetap ideal. Hal ini berdasarkan penelitian yang menyatakan bahwa kurang tidur berkontribusi pada penambahan berat badan.

Selain dengan menjaga kualitas dan kuantitas tidur, berat badan yang normal juga diperoleh melalui pola makan yang sehat dan olahraga secara rutin.

Baca Juga: Cara Ini Diklaim Bisa Atasi Ejakulasi Dini

6. Menjaga kesehatan vagina

Manfaat tidur telanjang lainnya adalah mencegah infeksi vagina. Pasalnya, celana dalam yang ketat atau lembap dapat memicu pertumbuhan jamur sehingga memudahkan munculnya penyakit.

7. Meningkatkan kesehatan sperma

Manfaat tidur telanjang bukan hanya untuk wanita saja, tetapi juga pria. Sebuah penelitian menyatakan bahwa makin sering pria mengenakan pakaian dalam yang terlalu ketat, makin sedikit jumlah sperma yang dihasilkan.

8. Mencegah diabetes tipe 2

Beberapa penelitian menyatakan bahwa kualitas tidur yang baik akan menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2. Agar kebutuhan waktu dan kualitas tidur terpenuhi, Anda bisa mencoba tidur telanjang agar tidur lebih cepat dan lebih nyenyak. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga