Deretan Misteri yang Sulit Dipecahkan Peneliti

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 13 Oktober 2022
0 dilihat
Deretan Misteri yang Sulit Dipecahkan Peneliti
Segitiga Bermuda merupakan salah satu misteri yang sulit dipecahkan oleh peneliti, bahkan tak sedikit orang hilang di pulau ini. Foto: Repro idntimes.com

" Ada beberapa peninggalan dunia yang masih menjadi misteri. Bahkan para peneliti juga sulit untuk mengungkap misteri tersebut "

KENDARI, TELISIK.ID - Sejak zaman purbakala, banyak peninggalan yang sulit dipecahkan oleh peneliti. Namun, seiring semakin berkembangnya zaman dan teknologi serta kecerdasan manusia, tak sedikit penemuan tersebut terpecahkan dengan ilmu sains.

Ada beberapa peninggalan dunia yang masih menjadi misteri. Bahkan para peneliti juga sulit untuk mengungkap misteri tersebut. Berikut ini deretan penemuan yang sulit dipecahkan oleh peneliti.

1. Labirin raksasa di Mesir

Melansir kaskus.co.id, peneliti menemukan sebuah bangunan raksasa pada 2008 silam yang membentuk suatu himpunan panjang dan lumayan dalam. Bangunan yang terdiri atas dua belas bangunan raksasa dengan pintu yang saling berhadapan tersebut, diduga menyimpan misteri mengenai rincian peradaban manusia, kerajaan-kerajaan besar, dan penguasa pada masa sebelum sejarah yang sudah diketahui banyak orang.

Dalam catatan sejarawan asal Yunani kuno--Herodotus-- pada abad ke-5 SM, bangunan yang tercatat bernama Labyrint tersebut, memiliki dua tingkat dengan masing-masing 1.500 ruang. Bisa dibayangkan betapa besar bangunan yang berada di bawah tanah tersebut.

Walapun sudah lama ditemukan, sampai sekarang labirin ini justru masih banyak menimbulkan tanda tanya besar di kalangan peneliti dan masyarakat luas.

Baca Juga: Ingin Beli Mobil Listrik? Pertimbangkan 5 Hal Ini

2. Kota hilang Atlantis

Mengutip liputan6.com, History Channel menyebut Atlantis seperti bangsa mitos. Meski demikian, banyak sejarawan berpikir bahwa Atlantis sebenarnya pernah menjadi tempat yang nyata.

Seorang filsuf, Plato bahkan menulis tentang kerajaan yang kuat dalam dialognya "Timaeus" dan "Critias." Dalam tulisannya dikatakan bahwa pulau itu tenggelam ke laut sekitar 9.600 SM. 

Beberapa orang telah menghubungkan kota Atlantis yang Hilang dengan tujuan wisata yang agak populer. Salah satunya adalah pulau di Yunani, Santorini karena pernah dihancurkan oleh letusan gunung berapi. Meski demikian, cerita tersebut masih belum cukup.

3. Teknik konstruksi Piramida Mesir (2.667 SM)

Dikutip dari sindonews.com, para peneliti masih belum bisa mencapai kesepakatan tentang teknik konstruksi yang digunakan untuk membangun piramida Mesir. Ada beberapa hipotesis konstruksi yang berbeda. Salah satu dari hipotesis itu mengklaim bahwa batu di piramida tersebut sebenarnya tidak diukir tapi terbuat dari beton tepat di pusat konstruksi. Namun, metode ini tidak menjelaskan adanya batu granit alam yang besar dengan berat di atas 10 ton di piramida.

4. Stonehenge di Inggris

Situs bersejarah di Wiltshire, Inggris, ini tetap menjadi salah satu misteri terbesar di dunia saat ini. Batuan yang membentuk cincin batu ini memiliki berat masing-masing sekitar 25 ton dan tingginya sekitar 13 kaki atau hampir empat meter. Diperkirakan orang-orang dari periode Neolitikum akhir mulai mendirikan bangunan besar ini sekitar 3100 SM.

Baca Juga: Temuan Ilmuan Mengenai Dua Planet Mirip Bumi Diklaim Layak Huni

5. Segitiga Bermuda

Mengutip idntimes.com, Segitiga Bermuda adalah misteri lautan yang paling banyak menuai kontroversi dari dulu hingga sekarang. Pasalnya, area yang berada di antara Miami, Bermuda, dan Puerto Rico tersebut kabarnya sangat berbahaya. Semua kapal dan pesawat yang melewatinya akan tersedot masuk dan hilang selamanya.

Itulah yang membuat Segitiga Bermuda sulit untuk dipelajari. Tidak ada orang yang berani mendekat ke sana. Akhirnya, berbagai teori pun bermunculan. Ada yang menyebutkan bahwa di sana terdapat monster laut, lubang alien, dan lain-lain.

Dilansir dari National Ocean Service, teori yang banyak diyakini para ahli menjelaskan bahwa terdapat pusaran air yang sangat besar di sana. Energi yang dihasilkannya begitu kuat hingga bisa menyedot siapa pun yang mendekat.  (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga