Deretan Mitos Gunung Merapi yang Penuh Misteri

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Selasa, 14 Maret 2023
0 dilihat
Deretan Mitos Gunung Merapi yang Penuh Misteri
Gunung berapi rupanya memiliki flora dan fauna, namun aktivitas vulkanik yang berbahaya mempengaruhi kelangsungan hidup flora dan fauna di dalamnya. Foto: Sindonews.com

" Gunung berapi rupanya memiliki flora dan fauna, namun aktivitas vulkanik yang berbahaya mempengaruhi kelangsungan hidup flora dan fauna di dalamnya "

MAGELANG, TELISIK.ID - Gunung berapi rupanya memiliki flora dan fauna, namun aktivitas vulkanik yang berbahaya mempengaruhi kelangsungan hidup flora dan fauna di dalamnya.

Berikut ini beberapa keunikan flora dan fauna yang dimiliki Gunung Merapi dilansir dari Sindonews.com dan Indonesiatoday.co.id:

1. Banyak spesies burung

Diketahui bahwa TNGM memiliki banyak spesies fauna yang kebanyakan diantaranya adalah burung. Terdapat sekitar 97 spesies burung yang dapat ditemukan di Gunung Merapi.

Baca Juga: 5 Mitos dan Fakta Seputar Kehamilan

Menurut jurnal "Potensi Fauna Burung Sebagai Daya Tarik Wisata Birdwatching di Hutan Taman Nasional Gunung Merap," ditemukan sekitar lebih dari 46 spesies burung menempati hutan SM Sermo Kulon Progo dan obyek-obyek wisata di sekitarnya. Sementara, 69 spesies burung tercatat menempati hutan Bukit Turgo dan Plawangan di TNG Merapi DIY.

2. Terdapat beberapa mamalia

Dari kelompok satwa, selain burung terdapat juga beberapa jenis mamalia. Sedikitnya terdapat 15 spesies mamalia berhabitat di gunung vulkanik itu. Beberapa jenis mamalia yang kerap dijumpai adalah kijang, babi hutan, luwak, lutung jawa, landak, trenggiling, hingga kucing hutan.

3. Terdapat ratusan jenis flora

Gunung Merapi memiliki kurang lebih 154 spesies tumbuhan. Jenis flora yang hidup ini beragam yang berdasarkan pada jenis tanah dan ketinggian wilayah. Beberapa jenis yang ada diantaranya seperti jenis tumbuhan paku pakuan, bambu, cendawan, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Meletus 80 Kali Dalam Sejarah, Ini Mitos Sosok Ghaib Muncul Setiap Erupsi Gunung Merapi

4. Punya banyak jenis anggrek

Terdapat sekitar 70-an jenis anggrek yang tumbuh di kawasan Gunung Merapi. Namun dari keseluruhan anggerk yang ada, vanda tricolor jadi salah satu yang paling khas di kawasan tersebut. Seperti namanya, vanda tricolor punya tiga warna dengan dasar putih bermotif totol ungu kecoklatan. Sedangkan pada bagian bibir kelopaknya (labelum) memiliki warna ungu. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga