Deretan Perjalanan Hidup Ahmad Jamal, Mulai Syahadat hingga Meninggal Dunia

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Jumat, 18 Agustus 2023
0 dilihat
Deretan Perjalanan Hidup Ahmad Jamal, Mulai Syahadat hingga Meninggal Dunia
Alm Ahmad Jamal saat tampil di Amsterdam, ia mengenal Islam saat tur di Detroit dan bertemu dengan komunitas Muslim di sana. Foto: Detik.com

" Ahmad Jamal terlahir dengan nama Frederick Russell Jones. Begitu masuk Islam ia mengganti namanya. Dia adalah salah satu pianis jazz paling berpengaruh di dunia "

KENDARI, TELISIK.ID - Ahmad Jamal terlahir dengan nama Frederick Russell Jones. Begitu masuk Islam ia mengganti namanya. Dia adalah salah satu pianis jazz paling berpengaruh di dunia.

Ahmad juga seorang komposer, pemimpin band dan pendidik asal AS. Selama enam dekade, ia telah menjadi salah satu pemimpin kelompok kecil paling sukses dalam jazz.

1. Menyukai piano sejak kecil

Mengutip dari Detik.com, Ahmad sudah mulai memainkan piano pada umur 3 tahun, ia menirukan sang paman, Lawrence. Pada umur 7 tahun ia pun les piano bersama Mary Cardwell Dawson yang juga disebutnya menginspirasi gaya bermainnya tersebut.

Baca Juga: Wanita Asal Kendari Ini Putuskan Mualaf Setelah Tiga Tahun Alami Pergumulan Hati

2. Perjalanan mualaf

Saat remaja ia sangat mencintai musik membuat Ahmad berkenalan dengan Islam. Kala itu ia tur di Detroit dan bertemu dengan komunitas Muslim di sana, ia pun mulai belajar mengenal Islam dan mulai tertarik hingga akhirnya pada 1950 ia menjadi mualaf dan mengganti namanya menjadi Ahmad Jamal.

Setelah masuk Islam, Ahmad Jamal menjawab pertanyaan tentang perpindahan agamanya dengan mengatakan, "Dengarkan musik saya; jawabannya ada."

Selama penampilannya, ia akan meminta penonton untuk diam selama azan dan bahkan mengambil istirahat sejenak untuk berdoa selama konser.

"Albumnya After Fajr, juga favorit saya, terinspirasi dari sholat subuh," ujar Sedat Anar sebagaimana dilansir Daily Sabah.

Baca Juga: Kisah Mualaf Abanda Herman Usai Lihat Orang Salat

3. Bentuk grup musik

Setelahnya, ia pun membentuk grup dengan nama The Three Strings yang berisikan tiga orang. Penampilan mereka di the Embers pun menarik John Hammond, produser rekaman dan pencari bakat, dan membuat mereka dikontrak oleh Okeh Label.

Pada 1955 Ahmad Jamal membuat album panjang pertamanya bertajuk Ahmad Jamal Plays bersama dengan gitaris Ray Crawford dan basis Israel Crosby. Album ini pun digadang-gadang menjadi nafas baru dari Jazz dan membuat mereka makin dilirik di dunia musik Amerika Serikat.

4. Meninggal dunia usai berjuang melawan kanker

Dikutip dari Sindonews.com, pada 16 April 2023 lalu, Ahmad Jamal meninggal dunia, setelah berjuang melawan kanker prostat. Berita duka tersebut telah dikonfirmasi oleh putrinya, Sumayah, yang menjelaskan jika sang ayah meninggal dunia di Ashley Falls, Massachusetts. Ia wafat diusianya 92 tahun. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga