Deretan Politisi Paling Berpengaruh di Media Sosial, Ada Capres-Cawapres?

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 01 Januari 2024
0 dilihat
Deretan Politisi Paling Berpengaruh di Media Sosial, Ada Capres-Cawapres?
Presiden RI, Joko Widodo, menempati urutan pertama politisi paling berpengaruh di media sosial Indonesia tahun 2023 yang dirilis oleh Indonesia Indicator (i2). Foto: Repro akun Instagram @Jokowi

" Indonesia Indicator membuat riset jajaran top 10 politisi paling berpengaruh di media sosial pada tahun 2023 yang dirilis oleh Indonesia Indicator (i2) "

KENDARI, TELISIK.ID - Indonesia Indicator membuat riset jajaran top 10 politisi paling berpengaruh di media sosial pada tahun 2023 yang dirilis oleh Indonesia Indicator (i2).

Riset yang dilakukan Indonesia Indicator berdasarkan data yang dihimpun dari pemberitaan media online dan perbincangan netizen/warganet di lima media sosial sepanjang 1 Januari hingga 26 Desember 2023.

Total terdapat 27.087.392 pemberitaan dari 12.948 media online di Tanah Air, 1.215.906.068 unggahan serta 67.904.868.322 engagement di lima platform media sosial.

"Terima kasih pada seluruh warganet yang masih merespons apa yang saya sampaikan,” kata Dedi dikutip dari Indoposco.id.

Baca Juga: Sejumlah Tokoh Berpengaruh Dominasi Balon DPR RI Partai Golkar Sulawesi Tenggara

Dalam keterangannya, Direktur Komunikasi Indonesia Indicator, Rustika Herlambang menyebutkan bahwa di posisi pertama ada Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai politisi paling berpengaruh di media sosial dengan 419.311 engagement.

Mengutip Sumbar.suara.com jaringan Telisik.id, posisi selanjutnya ada nama Capres Prabowo Subianto, disusul nama lain yakni Ganjar Pranowo, Gibran Rakabuming Raka, dan di posisi kelima ada nama Anies Baswedan.

Baca Juga: Sri Mulyani dan Direktur Utama Pertamina Masuk dalam Wanita Paling Berpengaruh di Dunia

Kemudian ada juga nama Agus Harimurti Yudhoyono, Airlangga Hartarto, Luhut Binsar Pandjaitan dan Zulkifli Hasan. Selanjutnya di posisi terakhir ada nama Dedi Mulyadi yang merupakan politisi Partai Gerindra dengan 22.412.098 engagement.

Dedi Mulyadi dianggap berpengaruh karena menjadi satu-satunya nama politisi yang saat ini tidak memiliki jabatan. Sedangkan nama-nama yang berada di posisi 1-9, mereka adalah presiden, capres, cawapres, menteri dan petinggi partai politik. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga