Deretan Resep Simpel Kue Lebaran, Cuma Butuh 3 Bahan

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 19 April 2023
0 dilihat
Deretan Resep Simpel Kue Lebaran, Cuma Butuh 3 Bahan
Anda bisa menyiasati kue lebaran dengan tiga bahan saja, kue ini juga bisa meminimalisir pengeluaran selama lebaran. Foto: Kolase

" Kutipan Membengkaknya biaya kebutuhan menjelang Lebaran, membuat ibu-ibu harus berfikir keras untuk berhemat "

KENDARI, TELISIK.ID - Kue kering ini bisa menjadi solusi hemat emak-emak menjelang lebaran, karena cuma butuh tiga bahan untuk membuatnya. Meskipun begitu, bentuk dan rasanya cukup unik.

1. Semprit susu

Mengutip Fimela.com, berikut resep semprit susu.

Bahan:

200 gr tepung maizena

130 gr butter

80 ml susu kental manis 

Baca Juga: Dua Resep Takjil dari Roti Tawar, Enak dan Bergizi

Cara membuat:

1. Campur butter dan susu kental manis hingga tercampur rata. Masukkan tepung dan aduk adonan hingga kalis tapi tidak terlalu padat.

2. Panaskan oven, masukkan adonan ke dalam spuit dan semprotkan ke atas loyang yang sudah dilapisi kertas roti. Bisa ditambahkan topping choco chips bila suka.

3. Panggang selama 30 menit dengan suhu 150 derajat. Setelah matang, biarkan dingin dan siap dikemas.

2. Kue lidah kucing coklat

Dilansir dari akun TikTok @resepiqoh berikut resep lidah kucing coklat.

Bahan:

160 gr margarin

3 sachet SKM putih

320 gr tepung tapioka

Bahan celupan:

Coklat DCC

Cara membuat:

1. Campur margarin dan SKM putih, aduk hingga tercampur rata. Setelah tercampur merata tambahkan tepung tapioka, lalu aduk hingga semua bahan menyatu.

2. Bila adonan sudah kalis, ambil sejumput lalu bentuk memanjang atau lonjong, lalu pipihkan dengan sendok garpu hingga membentuk.

3. Masukkan ke dalam oven. Oven selama 25-30 menit (Jika menggunakan oven listrik, gunakan api atas bawah dengan suhu 160 derajat).

4. Setelah matang, sisihkan. Lelehkan coklat DCC, lalu celup sebagian kue tersebut ke dalam lelehan coklat. Lakukan hingga semua lidah kucing habis dan tunggu hingga coklatnya mengering. Lidah kucing siap ditata di dalam toples.

3. Palmier cookies

Bahan:

1 lembar puff pastry instan

1 sdm margarin/air secukupnya

gula pasir secukupnya

Cara membuat:

1. Lelehkan margarin, sisihkan.

2. Gilas puff pastry hingga berukuran persegi panjang dengan ketipisan yang sama. Oles tipis dengan margarin.

3. Lipat pastry jadi dua, lalu buka lagi. Kemudian lipat sisi kanan ke tengah garis, begitu juga sisi kiri ke tengah garis. Kemudian Lipat kedua sisi menjadi satu. 

Baca Juga: 3 Resep Kue Lebaran 2023 Anti Mainstream Selain Nastar

4. Bungkus puff pastry dengan plastic wrap dan simpan di dalam kulkas selama 30-40 menit. Keluarkan dan iris tipis-tipis dengan ketebalan kira-kira 1 cm.

5. Oles tipis satu sisinya dengan margarin leleh atau air juga boleh. Jangan terlalu banyak mengolesnya karena membuat adonan rapuh jika sudah matang.

6. Balur merata ke dalam gula pasir. Tata di atas loyang yang sudah dialasi kertas baking. Buka atau pisahkan ujung atasnya sedikit agar bisa membentuk hati. 

7. Pastikan memberi jarak cukup longgar karena akan mengembang. Panggang selama 45 menit dengan suhu 150-160°C. Jika sudah mengeras, tanda sudah matang. Angkat dan biarkan dingin. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

 * BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga