Deretan Sekolah Kedinasan di Indonesia Sepi Peminat, Lulus Auto Kerja

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Sabtu, 13 Januari 2024
0 dilihat
Deretan Sekolah Kedinasan di Indonesia Sepi Peminat, Lulus Auto Kerja
Politeknik Pelayaran Sulawesi Utara, di politeknik ini terdapat program studi D3 Nautika, Permesinan Kapal dan Manajemen Transportasi Laut. Foto: Mamikos.com

" Sekolah kedinasan menjadi salah satu perguruan tinggi yang paling diminati di Indonesia, baik lulusan SMA maupun sekolah sederajat lainnya "

KENDARI, TELISIK.ID - Sekolah kedinasan menjadi salah satu perguruan tinggi yang paling diminati di Indonesia, baik lulusan SMA maupun sekolah sederajat lainnya.

Sekolah Kedinasan sendiri merupakan bagian dari perguruan tinggi kedinasan yang berada di bawah naungan Kementerian/Badan/Lembaga Pemerintahan.

Ada beberapa sekolah kedinasan yang tersebar di seluruh Indonesia dan bisa menjadi pilihanmu dalam menentukan jenjang pendidikan selanjutnya.

Berikut adalah informasi mengenai 8 sekolah ikatan dinas sepi peminat, dikutip dari Mamikos.com dan Brainacademy.id, diantaranya:

1. Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN

Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) bertransformasi menjadi Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN). Kampus yang selalu ramai peminat ini dinaungi oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu), lho. Mulai tahun 2021, PKN STAN memiliki tiga jurusan kuliah.

Baca Juga: Anak Petani Ini Menjadi Wisudawan Terbaik Politeknik Bina Husada Kendari dengan IPK Sempurna 4,0

D-IV Akuntansi Sektor Publik

D-IV Manajemen Aset Publik

D-IV Manajemen Keuangan Negara

2. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

Kampus yang berada di bawah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) ini memiliki tujuan untuk mempersiapkan kader pemerintahan, baik di tingkat daerah maupun pusat. Makanya, lulusan kampus IPDN bakal bekerja di sektor-sektor pemerintahan.

Untuk jurusan kuliahnya, IPDN juga memiliki beragam jurusan yang dialokasikan ke dalam tiga fakultas, yakni Fakultas Politik Pemerintahan, Fakultas Manajemen Pemerintahan, dan Fakultas Perlindungan Masyarakat.

2. Politeknik Pelayaran Banten

sekolah ikatan dinas sepi peminat 2023 adalah Politeknik Pelayaran Banten yang terletak di daerah Karang Serang, Banten. Politeknik ini juga termasuk dalam sekolah kedinasan yang bernaung di bawah Kementerian Perhubungan. Di politeknik ini, terdapat tiga program studi D3 yang bisa kamu pilih, yaitu Nautika, Permesinan Kapal, dan Manajemen Transportasi Laut.

Fasilitasnya pun cukup lengkap. Mulai dari ruang kelas, ruang simulator, laboratorium, poliklinik, kantin, perpustakaan, ruang ibadah, dan sebagainya.

3. Fakultas Politik Pemerintahan IPDN

Jurusan Politik Indonesia Terapan

Jurusan Kebijakan Publik

Jurusan Pembangunan Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat

Fakultas Manajemen Pemerintahan

Jurusan Administrasi Pemerintahan Daerah

Jurusan Manajemen Sumber Daya Manusia Sektor Publik

Jurusan Keuangan Publik

Jurusan Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan

Fakultas Perlindungan Masyarakat

Jurusan Perpolisian Tata Pamong

Jurusan Studi Kependudukan dan Pencatatan Sipil

Jurusan Manajemen Keamanan dan Keselamatan Publik

4. Politeknik Pelayaran Sulawesi Utara

Tidak jauh berbeda dengan politeknik pelayaran yang lain, di politeknik ini terdapat program studi D3 Nautika, Permesinan Kapal dan Manajemen Transportasi Laut.

Lokasi tepatnya politeknik ini ada di Minahasa Selatan, Sulawesi Utara. Fasilitas sekolah ini pun cukup lengkap. Sayangnya, masih sedikit siswa yang tertarik untuk mendaftar ke sekolah kedinasan. Menurut data, jumlah siswa yang memilih sekolah ini adalah sekitar 108 orang, dengan jumlah siswa yang submit sekitar 33 orang.

Baca Juga: Dibuka Besok, Intip Persyaratan Beasiswa LPDP 2024

5. Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip)

Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) merupakan sekolah dinas di bawah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). Kampus ini ditujukan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang ahli di bidang pemasyarakatan. Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) memiliki tiga jurusan dengan jenjang pendidikan sarjana terapan atau D-IV.

D-IV Manajemen Pemasyarakatan

D-IV Teknik Pemasyarakatan

D-IV Bimbingan Kemasyarakatan

6. Politeknik Imigrasi (Poltekim)

Sama halnya dengan Poltekip, Politeknik Imigrasi (Poltekim) juga dinaungi oleh Kemenkumham, lho. Bila Poltekip mempelajari tentang pemasyarakatan, maka Poltekim belajar tentang imigrasi. Dengan begitu, lulusan sekolah dinas ini nantinya akan ditempatkan di kantor imigrasi yang ada di Indonesia atau di unit imigrasi sebagai perwakilan luar negeri Indonesia. Menarik ‘kan? (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga