Deretan Tanaman Herbal Bisa Perpanjang Umur

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 12 Juli 2023
0 dilihat
Deretan Tanaman Herbal Bisa Perpanjang Umur
Kunyit adalah bahan pokok dalam makanan Asia yang mengandung kurkumin, sebuah senyawa bioaktif dengan sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat. Foto: Grid.id

" Tanaman herbal sudah lama digunakan dalam hal pengobatan termasuk pegagan atau Centella asiatica yang kerap dijuluki tanaman untuk panjang umur sehingga banyak dicari warga "

KENDARI, TELISIK.ID - Tanaman herbal sudah lama digunakan dalam hal pengobatan termasuk pegagan atau Centella asiatica yang kerap dijuluki tanaman untuk panjang umur sehingga banyak dicari warga.

Penuaan memang tidak dapat dihindari, namun ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk membantu membuat hidup lebih sehat dan umur yang lebih panjang.

Faktanya, penelitian membuktikan bahwa cara kita menua tidak terlalu dipengaruhi oleh genetika dan lebih banyak berada dalam kendali kita daripada yang kita sadari.

Daftar asupan yang bikin umur panjang seperti dikutip dari Kompas.com dan Hellosehat.com:

Baca Juga: Mana Lebih Sehat, Mandi Air Hangat atau Dingin?

1. Kacang-kacangan

Dua studi dari Harvard School of Public Health menemukan bahwa semakin sering makan kacang, semakin rendah risiko Anda untuk mati muda. Kacang kenari dan pistachio, misalnya, membantu melawan penyakit jantung.

Dalam sebuah studi tahun 2004 yang dilakukan pada orang-orang tua di Australia, Jepang, Swedia, dan Yunani, peneliti menemukan untuk setiap 20 gram kacang-kacangan (kacang merah, kedelai, kacang polong, lentil) yang dikonsumsi oleh orang-orang usia lanjut setiap hari, mereka mengalami penurunan risiko kematian hingga 7-8 persen.

2. Kunyit

Menurut Anant Vinjamoori, MD, Kepala Petugas Medis Modern Age, kunyit adalah bahan pokok dalam makanan Asia yang mengandung kurkumin, sebuah senyawa bioaktif dengan sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat.

Peradangan kronis merupakan faktor penting dalam banyak penyakit yang berhubungan dengan penuaan dan efek antiinflamasi dari kurkumin dapat membantu mengurangi hal ini. Terlebih lagi, berdasarkan hasil ulasan tahun 2022 di Cells, kurkumin juga dikaitkan dengan risiko penyakit jantung yang lebih rendah.

3. Gandum utuh

Beberapa penelitian mengaitkan konsumsi serat dari produk gandum utuh seperti pasta, roti, oatmeal, dan kue-kue panggangan lainnya dengan peluang umur panjang yang lebih besar. Diet tinggi serat dapat menurunkan risiko kematian akibat penyebab apapun, kata peneliti dari National Cancer Institute.

Menurut sebuah studi di JAMA Internal Medicine, setiap tambahan 1 ons porsi biji-bijian utuh yang Anda makan menurunkan risiko kematian hingga 5 persen dan 9 persen peluang yang lebih rendah dari kematian akibat masalah jantung. Jadi, carilah produk roti-rotian yang mengandung 100 persen biji gandum.

4. Minyak zaitun ekstra virgin

Minyak zaitun yang kaya antioksidan dan tinggi lemak sehat adalah makanan pokok dalam diet Mediterania karena alasan yang bagus.

Sebuah studi pada tahun 2022 dalam Journal of American College of Cardiology mengamati bahwa orang yang mengonsumsi lebih dari ½ sendok makan minyak zaitun per hari memiliki risiko kematian 19 persen lebih rendah (karena sebab apa pun) dibandingkan mereka yang jarang atau tidak pernah mengonsumsi minyak zaitun.

Secara khusus, orang-orang yang menikmati minyak zaitun memiliki risiko 29 persen lebih rendah untuk meninggal akibat penyakit neurodegeneratif (seperti alzheimer), 19 persen lebih rendah untuk penyakit jantung, dan 17 persen lebih rendah untuk meninggal akibat kanker.

Baca Juga: Tips Mudah Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

5. Buah beri

Ahli gizi dan nutrisi mancanegara setuju bahwa jika Anda ingin panjang umur, mulailah dengan makan lima buah dan sayuran setiap hari (lebih banyak, lebih baik) untuk memangkas risiko penyakit jantung, stroke, dan kanker.

Dan jika Anda bingung harus makan buah apa, buah-buahan beri adalah pilihan yang baik untuk camilan sehat Anda sepanjang hari.

Stroberi, blueberry, raspberry, cranberry, blackcurrant hingga anggur, tomat, mentimun, terong, semangka, kiwi, labu, dan pisang adalah beberapa contoh buah-buahan keluarga beri. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga