Deretan Tips Cegah Pembobolan Rekening Bank

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 23 November 2022
0 dilihat
Deretan Tips Cegah Pembobolan Rekening Bank
Terdapat beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghindari pembobolan bank, salah satunya yaitu dengan mengaktifkan fitur notifikasi SMS transaksi. Foto: Repro Dataindonesia.id

" Pastikan tidak ada benda mencurigakan berupa tempelan alat lain atau nomor telepon bank yang tidak resmi di mesin ATM untuk menghindari terjadinya skimming "

KENDARI, TELISIK.ID - Modus kejahatan perbankan di era digital semakin berkembang dengan memanfaatkan dan menyalahgunakan data pribadi konsumen yang lalai.

Seperti yang baru saja terjadi, pembobolan rekening nasabah Bank Sulawesi Tenggara dengan metode skimming. Puluhan nasabah di Kendari mendatangi kantor cabang karena kehilangan saldo di rekening secara tiba-tiba.

Sebagian besar dari mereka mengaku tidak melakukan transaksi, tetapi mendapatkan pemberitahuan lewat pesan singkat bahwa ada penarikan uang tunai. 

Untuk mencegah pembobolan rekening, berikut enam tips untuk menjaga keamanan rekening Anda.

1. Aktifkan fitur notifikasi SMS transaksi

Jika ada transaksi di rekening Anda baik dana masuk atau keluar, maka bank akan mengirimkan SMS pemberitahuan ke nomor telepon yang terdaftar di rekening tersebut.

2. Cek riwayat rekening atau saldo secara berkala

Baca Juga: 2 Posisi Tidur Terbaik Saat Batuk

Anda dapat melakukan ini dengan mudah, kapan saja, dan gratis melalui aplikasi mobile banking atau internet banking bank tersebut.

3. Aktifkan fitur verifikasi dua arah

Untuk menjaga keamanan data, amankan perangkat seluler Anda dengan mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah seperti menggunakan pindai sidik jari atau wajah.

4. Perhatikan jaringan wifi

Gunakan jaringan internet pribadi dan hindari menggunakan wifi publik atau free wifi untuk melakukan transaksi perbankan.

5. Jaga data pribadi Anda

Anda harus menjaga data pribadi Anda. Jangan pernah memberitahukan User ID, password, kode OTP, PIN rekening, atau nama ibu kandung ke siapapun, termasuk pihak bank. Ubah password secara berkala.

6. Berhati-hati saat menggunakan ATM

Pastikan tidak ada benda mencurigakan berupa tempelan alat lain atau nomor telepon bank yang tidak resmi di mesin ATM untuk menghindari terjadinya skimming.

Baca Juga: Mau Rambut Tumbuh Cepat? Ini 3 Caranya

Mengutip dari sikapiuangmu.ojk.co.id, beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk menjaga keamanan dan privasi dari kartu Debit/Kredit kita adalah dengan:

- Menandatangani bagian belakang kartu kamu, jika tidak terdapat nomor kartu. Tepatnya adalah di panel tanda tangan pemegang kartu yang diotorisasi (authorized signature) yang berada di bawah pita magnetik.

- Saat memilih nomor PIN, hindari nomor-nomor atau huruf yang mudah ditebak. Jangan gunakan inisial, tanggal lahir, nomor telepon atau kombinasinya.

- Hapal nomor PIN yang kamu miliki dan saat akan menekan nomor PIN, baik di ATM maupun di mesin EDC, pastikan kamu menutupi tombolnya, sehingga tidak bisa dilihat oleh orang lain.

- Ubahlah PIN kartu kamu secara berkala. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga