Desa di Buton Budidaya Ayam Pedaging untuk Usaha Warga

Febriyani, telisik indonesia
Jumat, 25 Agustus 2023
0 dilihat
Desa di Buton Budidaya Ayam Pedaging untuk Usaha Warga
Budidaya ayam pedaging oleh Kepada Desa Kabawa Kole kepada warganya kini sudah berjalan lima hari. Foto: Ist.

" Ayam pedaging menjadi program ketahanan pangan Desa Kabawa Kole, Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton tahun 2023. Meski baru lima hari pemeliharaan ayam pedaging tersebut, sudah mulai menunjukkan hasil yang baik "

BUTON, TELISIK.ID - Ayam pedaging menjadi program ketahanan pangan Desa Kabawa Kole, Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton tahun 2023. Meski baru lima hari pemeliharaan ayam pedaging tersebut, sudah mulai menunjukkan hasil yang baik.

Kepala Desa Kabawa Kole, La Ode Masa mengatakan, bibit yang dibagikan kepada warga sebanyak 600 ekor, dibagi dua kandang, sisanya 900 ekor lagi akan dipasok untuk kandang warga lain yang sudah disiapkan.

“Pemeliharan bibit pertama ini cukup berhasil walaupun baru lima hari, sebulan kemudian sudah bisa dipanen,” katanya, Jumat (25/8/2023).

Baca Juga: Pemda Buton Tengah Lakukan Penguatan Infrasruktur Transportasi Penyeberangan Laut

Ia menambahkan, jika sudah mulai panen, hasilnya akan disuplai ke pasar-pasar terdekat di Pasarwajo, juga rumah makan.

“Budidaya ayam pedaging ini tahap pertama, tahap kedua akan dilakukan tahun depan, bibit, pakan dan kandang akan dibagikan secara gratis kepada masyarakat yang siap memelihara,” ungkapnya.

Kata dia untuk budidaya ayam pedaging warga Kabawa Kole cuma menyiapkan tempat untuk kandang sementara, bahannya disiapkan pemerintah desa.

Sementara itu, peternak ayam potong, Samsul mengatakan, tidak ada kesulitan selama budidaya ayam pedaging tersebut apalagi dia memang pernah melakukannya sendiri.

Baca Juga: Pemda Buton Tengah Gelar Rembuk Stunting 2023

“Alhamdulillah, kami tidak punya kesulitan dari bibit 300 ekor, 20 ekor yang mati ini akibat goncangan perjalanan karena bibit didatangkan dari Kota Kendari,” ujarnya.

Pada usia lima hari ini kata dia, ayam sudah menunjukkan tanda-tanda yang baik, pihaknya dibantu pakan dari pemerintah desa sehingga tidak ada kesulitan.

Dia juga menyebut pada usia tiga Minggu, ayam yang dibudidayakan sudah bisa dipanen dan dipasarkan. (B)

Penulis: Febriyani

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga