Desa Puuloro Berpotensi Menjadi Pusat Wisata di Sulawesi Tenggara

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Jumat, 26 Mei 2023
0 dilihat
Desa Puuloro Berpotensi Menjadi Pusat Wisata di Sulawesi Tenggara
Kunjungan Kepala Dinas PMD Konawe dalam melakukan penilaian lomba desa tingkat Kabupaten Konawe. Foto: Ist.

" Banyaknya destinasi wisata yang ada di Desa Puuloro, Kabupaten Konawe, menjadikan desa ini sebagai potensi wisata di Sulawesi Tenggara "

KONAWE, TELISIK.ID - Banyaknya destinasi wisata yang ada di Desa Puuloro, Kabupaten Konawe, menjadikan desa ini sebagai potensi wisata di Sulawesi Tenggara. Kepala Desa Puuloro, Sardin Beemu, di hadapan tim penilai lomba desa/kelurahan memaparkan gambaran umum wilayahnya yang memiliki enam destinasi wisata.

Mulai dari wisata olahraga berstandar nasional, pemancingan, waterpark, air terjun, kuliner desa, serta taman wisata hijau. Sardin juga menerangkan konsep Desa Wisata Puuloro yakni dengan memaksimalkan beberapa destinasi lama, serta membuka tempat baru.

"Adapun yang siap pakai saat ini yakni wisata olahraga dan pemancingan. Sisanya masih tahap pembenahan sarana dan prasarana," ujarnya, Selasa (23/5/2023) lalu. 

Kepala dinas saat di berikan penjelasan terkait potensi wisata yang ada di Desa Puuloro. Foto: Ist

 

Sardin optimis pendapatan asli desa mampu meningkat pesat, apalagi partisipasi masyarakat begitu besar, sehingga beberapa pekerjaan dapat diselesaikan dengan cepat.

Baca Juga: Didirikan Sultan Buton ke-29, Bangunan Masjid Quba Masih Bentuk Asli

Sardin menjelaskan seluruh pekerjaan konsep Desa Wisata Puuloro, dilakukan secara swadaya bersama masyarakat, mulai dari penggusuran jalan, hingga normalisasi sungai, tanpa anggaran dari pemerintah sepeserpun.

"Semoga ini mampu menjadikan Puuloro menuju desa mandiri, sehingga dapat meningkatkan taraf hidup dan ekonomi meningkat," ujarnya.

Baca Juga: Beragam Pesona Wisata Soropia yang Tak Banyak Diketahui

Sementara itu, Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Konawe, Keny Yuga Permana, menyebut, Desa Puuloro sebagai kandidat kuat pemenang lomba desa tingkat Kabupaten Konawe tahun 2023, dengan berbagai kelebihan yang ada, salah satunya konsep desa wisata.

Lokasi pemancingan yang menjadi salah satu destinasi wisata yang ada di Desa Puuloro. Foto: Ist.

 

Ia berharap, konsep desa wisata ini mampu dikembangkan lebih maju lagi oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Puuloro, sehingga menjadi daya tarik oleh masyarakat dan wisatawan.

"Ini bagaikan kota di tengah kampung, wisatawan lokal bahkan nasional bisa kesini. Dari seluruh desa yang dinilai, ada nilai tersendiri buat Puuloro ini," tutup Keny Yuga Permana. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga