adplus-dvertising

Desa Wisata Kollo Soha Wakatobi Tawarkan Pesona Pantai Pasir Putih hingga Sunset Terbaik

Boy Candra Ferniawan, telisik indonesia
Sabtu, 11 Juni 2022
519 dilihat
Desa Wisata Kollo Soha Wakatobi Tawarkan Pesona Pantai Pasir Putih hingga Sunset Terbaik
Pasir putih pantai Hondue di Desa Wisata Kollo Soha. Foto: Ist.

" Pesona desa ini adalah nuansa sunset di pelabuhan fery, tarian tradisional, berbagai kerajinan kayu yang menawan, terdapatnya kelompok tenun UMKM "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Pulau Tomia, Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara merupakan pulau dengan destinasi wisata yang cukup banyak dapat dikunjungi wisatawan lokal maupun manca negara.

Berbagai destinasi wisata dapat ditemukan di Pulau ini. Mulai dari wisata pegunungan, situs sejarah, hingga tempat wisata pantai pun terdapat di pulau ini.

Salah satunya yaitu Desa Wisata Kollo Soha. Terletak di Kecamatan Tomia, desa ini dapat ditempuh sekitar 5 menit dari Pelabuhan Waha menggunakan kendaraan motor dan mobil.


Di desa ini, wisatawan dapat menikmati deburan ombak Pantai Soha dan panorama pasir putih di Pantai Hondue. selain itu juga para wisatawan juga bisa diving di laut atau snorkeling bersama teman atau keluarga.

Pesona desa ini adalah nuansa sunset di pelabuhan fery, tarian tradisional, berbagai kerajinan kayu yang menawan, terdapatnya kelompok tenun UMKM, restoran dengan aneka hidangan laut, serta para wisatawan dapat menginap di home stay.

Hampir setiap weekend warga lokal desa itu maupun luar daerah itu berkunjung ke pantai pasir putih Hondue. Pengunjung bisa duduk di tepian pantai  atau sekedar berswafoto sambil menikmati sunset terbaik di pantai  ini.

Baca Juga: Tempode Resort Reo, Bikin Malam Minggu Anda Berkesan, Yuk Ajak Keluarga Kesini

Selain itu Desa Wisata Kollo Soha mempunyai berbagai berbagai paket wisata yang tentunya menarik. seperti kanoing naik sampan, meti meti dan parapolo adalah atraksi di mana pengunjung akan bersama-sama dengan nelayan menangkap ikan dalam bubu serta menikmati dinner malam ditemani temaram bintang malam.

Desa Wisata Kollo Soha di Kecamatan Tomia Kabupaten Wakatobi. Foto: Boy Candra Ferniawa/Telisik

 

Menariknya lagi Desa Wisata  Kollo Soha baru- baru ini masuk nominasi ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 dari Kemenparekraf namun hanya lolos 300 besar saja.

"Alhamdulillah desa kami Kollo Soha bisa lolos sampai di 300 besar dari 3000 lebih. Merupakan suatu kebanggaan besar kami sebagai desa wisata meskipun kami tidak lolos sampai pada 100 besar yang Insyaallah akan menjadi spirit bagi kami," ujar Ahmad Ode Tarani selaku Ketua Pengelola Pariwisata Desa Kollosoha “ONESOEA”

Baca Juga: Pesona Pantai Nirwana, Disebut Destinasi Favorit Semua Kalangan

Sebagai pengelola Desa Wisata Kollo Soha, kata Ahmad Ode Tarani, pihaknya akan terus menggali potensi desa baik SDA maupun SDM dan akan terus mengedukasi masyarakat akan pentingnya menjaga, melestarikan potensi desa untuk pariwisata di desa," harapnya

Sementara itu, Kepala Desa Kollo Soha mengungkapkan bahwa potensi desa wisata menjadi salah satu pendorong kebangkitan pariwisata daerah terutama menjadi peluang membangkitkan ekonomi masyarakat.

"Kami selaku pengelola pariwisata Desa Kollo Soha sangat mengharapkan akan kerjasama dan dukungan penuh dari berbagai stakeholder baik dari masyarakat, pemdes, pemda hingga pemerintah pusat. Karena tanpa dukungan dari mereka maka perkembangan pariwisata Desa Wisata Kollo Soha akan semakin jauh tertinggal, ungkap Kepala Desa Kollo Soha, Sudiman, Sabtu (11/6/2022). (B)

Penulis: Boy Candra Ferniawa

Editor: Musdar

Baca Juga