Desa Wisata Terapung Buton Tengah, Tawarkan Paket Lengkap Keindahan Alam

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Sabtu, 03 Juni 2023
0 dilihat
Desa Wisata Terapung Buton Tengah, Tawarkan Paket Lengkap Keindahan Alam
Pengolahan ikan teri di Desa Terapung Waburanse, Kabupaten Buton Tengah. Foto: Repro Facebook

" Desa Wisata Terapung di Buton Tengah, Sulawesi Tenggara, menyuguhkan pemandangan matahari terbenam dan ayunan raksasa yang membuat destinasi itu tampak berbeda "

BUTON TENGAH, TELISIK.ID - Kabupaten Buton Tengah ternyata menyimpan banyak pesona alam yang menarik. Salah satunya Desa Wisata Terapung. Terletak di Kecamatan Mawasangka, Desa Wisata Terapung menawarkan paket lengkap buat Anda yang ingin menikmati keindahan alam.

Di tempat itu bukan hanya ada pantai terbentang yang memanjakan mata, namun juga beberapa spot akan menarik perhatian Anda. Wisata Terapung memiliki pasir timbul, karang dan ikan yang indah, wisata goa, wisata kuliner dan rumah terapung. 

Tak hanya itu, Desa Wisata Terapung menyuguhkan pemandangan matahari terbenam dan ayunan raksasa yang membuat destinasi itu tampak berbeda.

"Selain pantai yang bagus. Di lokasinya juga ada gua yang jumlah mata airnya ada 3 berisikan air jernih, dingin dan bersih," ucap seorang traveler di akun TikTok Bagiro2.

Dalam mengembangkan lokasi tersebut, pemerintah juga akan membangun pasar Desa Wisata Terapung di Bronjong yang akan menjual berbagai jenis ikan yang ditangkap warga sekitar.

Baca Juga: Waburi Park, Keindahan Desa Wisata di Buton Selatan

Selain itu, desa wisata yang masuk dalam 300 besar Anugrah Desa Wisata Indonesia (ADWI) ini juga dihuni oleh masyarakat suku bajo yang berjumlah kurang lebih 200 kepala keluarga.

Kabupaten Buton Tengah ternyata masih menyimpan banyak pesona alam yang menarik. Salah satunya Desa Wisata Terapung. Foto: Repro Instagram Pinktravelogue

 

Desa Terapung juga merupakan lokasi pengelolaan ikan teri kering yang telah banyak dikirim ke luar daerah hingga ke luar negeri yang berlangsung sejak tahun 2002.

Bahkan pada tahun 2022 lalu, Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki bersama Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi, sempat mengunjungi sentra pengolahan ikan teri tersebut.

Baca Juga: Wisata Tersembunyi Bukit Alebo di Konawe Selatan, Tampilkan Sunrise yang Indah

Pengolahan ikan teri di Desa Terapung merupakan salah satu unggulan UKM Perikanan di Kabupaten Buton Tengah. Ikan yang diolah merupakan hasil tangkapan para nelayan setempat menggunakan kapal kecil.

"Saya mendorong komoditas hasil laut seperti ikan teri sebagai produk unggulan UKM Perikanan di Buton Tengah," ungkapnya Teten saat itu.

Dia menilai, potensi sumber daya laut yang dimiliki Buton Tengah terbilang luar biasa. Pemasarannya juga sudah bagus. Dengan beberapa hal itu, ia merasa tinggal menyiapkan koperasi pengembangan wisata alam. (B-Adv)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga