Desember 2020, Sultra Punya Perpustakaan Modern

Musdar, telisik indonesia
Senin, 17 Agustus 2020
0 dilihat
Desember 2020, Sultra Punya Perpustakaan Modern
Design Perpustakaan Modern Sultra. Foto: Ist.

" Desember 2020 pembangunannya selesai dan gedung perpustakaan sudah kami serahkan ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sultra untuk mengelolanya. "

KENDARI, TELISIK.ID - Visi Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi  untuk meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dengan menghadirkan perpustakaan bertaraf internasional akan segera terwujud.

Melalui salah satu program Gerakan Akselerasi Pembangunan Daratan Lautan (Garbarata), salah satu megaproyek yang digagas duet Ali Mazi-Lukman Abunawas yang mulai dibangun 5 Agustus 2019 itu ditargetkan rampung Desember 2020.

Kepala Dinas Cipta Karya Bina Kontruksi dan Tata Ruang Sultra, Pahri Yamsul, mengatakan, infrastruktur megah yang didesign tujuh lantai di atas lahan Kantor Taman Budaya untuk pengerjaan tahap pertama dengan gedung empat lantai telah selesai. Kini, tahap dua dengan gedung tiga lantai dalam proses pengerjaan 50 persen.

’’Desember 2020 pembangunannya selesai dan gedung perpustakaan sudah kami serahkan ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sultra untuk mengelolanya,” ungkapnya.

Baca juga: Peringati HUT Kemerdekaan, KPU Kendari: Berjuang Bersama Lawan COVID-19

Perpustakaan yang disebut-sebut akan menjadi perpustakaan bertaraf internasional itu menelan anggaran Rp 100 miliar dari APBD Sultra, dengan rincian penggunaan anggaran, tahap I Rp 28 miliar dan tahap II Rp 68 miliar.

Pahri menambahkan, perpustakaan modern yang tengah dibangun di Sultra juga mendapatkan apresiasi dari Perpustakaan Pusat. Apresiasi diberikan karena antusias Pemerintah Provinsi Sultra yang menginginkan kualitas SDM di Sultra meningkat dari daerah-daerah lainnya.

“Kita juga akan dibantu sekitar Rp 40 miliar untuk pengerjaan interior,” sambungnya.

Nantinya, keberadaan perpustakaan bertaraf internasional ini akan memudahkan masyarakat, khususnya pelajar atau mahasiswa untuk mengakses buku sebagai salah satu sumber otentik ilmiah dalam ilmu pengetahuan. Intisari pembangunan proyek perpustakaan untuk lebih meningkatkan mutu belajar. Termasuk untuk menggenjot kecerdasan, wawasan maupun karakter generasi muda Sultra.

Reporter: Musdar

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga