Dessert Terenak di Dunia Ternyata dari Indonesia

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Jumat, 17 Februari 2023
0 dilihat
Dessert Terenak di Dunia Ternyata dari Indonesia
Di antara 50 makanan pencuci mulut yang digoreng, pisang goreng menduduki posisi nomor 1 kalahkan churros dari Spanyol dan donat dari Amerika Serikat. Foto: Repro Halodoc.com

" Taste Atlas baru-baru ini merilis daftar 50 'Best Deep-Fried Desserts in the World'. Rupanya pisang goreng menduduki posisi puncak dengan poin penilaian 4,60 "

KENDARI, TELISIK.ID - Siapa yang tak mengenal pisang goreng, salah satu camilan favorit yang cukup digemari di Indonesia. Dessert ini rupanya masuk kategori terenak di dunia versi Taste Atlas.

Mengutip Cnnindonesia.com, Taste Atlas baru-baru ini merilis daftar 50 'Best Deep-Fried Desserts in the World'. Rupanya pisang goreng menduduki posisi puncak dengan poin penilaian 4,60.

Kebanggaan kuliner Indonesia ini juga sempat diutarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI melalui Instagram resminya.

"Di antara 50 makanan pencuci mulut yang digoreng, pisang goreng menduduki posisi nomor 1 kalahkan churros dari Spanyol dan donat dari Amerika Serikat," tulis Kemenparekraf dikutip dari Instagram resmi, Jumat (17/2/2023).

Berikut deretan camilan terenak di dunia versi Taste Atlas dilansir dari Cnbcindonesia.com.

Quarkballchen - Jerman

Quarkballchen berarti bola quark. Quark merupakan produk susu yang dibuat dengan cara memanaskan susu asam hingga mengental lalu disaring. Camilan tradisional ini terbuat dari quark, tepung, telur, gula, vanila dan baking powder.

Baca Juga: Resep Capcay Sederhana Rasa Bintang Lima

Adonan kemudian dibentuk bola-bola mini dan digoreng hingga mengembang. Quarkballchen biasanya dilapisi gula bubuk atau campuran gula bubuk dan kayu manis.

Pastelitos criollos - Argentina

Di Argentina, orang menikmati gorengan berupa pastelitos criollos. Dilansir dari Taste Atlas, kue renyah ini berbentuk bintang dengan bagian tengah diberi quince atau ubi jalar yang diawetkan.

Pastelitos secara tradisional dinikmati pada 25 Mei bertepatan dengan peringatan May Revolution dan pembentukan pemerintah Argentina pertama yang merdeka.

Fouskakia - Yunani

Baca Juga: 3 Resep Pancake Enak dan Sederhana

Di posisi keempat ada Fouskakia atau bisa dibilang donat tradisional Yunani. Adonan yang telah digoreng biasanya diberi garnish berupa madu atau taburan gula dan kacang.

Krapfen - Austria

Krapfen merupakan pelopor donat bergaya khas Eropa pertama yang kemudian diikuti negara Eropa lainnya. Krapfen biasanya dibuat dengan menggoreng adonan hingga berwarna keemasan. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga