adplus-dvertising

Destinasi Wisata Horor Anti Mainstream, Burj Al Babas Kota Hantu Terbesar di Dunia

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 22 Agustus 2022
832 dilihat
Destinasi Wisata Horor Anti Mainstream, Burj Al Babas Kota Hantu Terbesar di Dunia
Banyak pengunjung dari berbagai negara mengabadikan momen berfoto dengan istana Burj Al Babas. Foto: Repro Instagram @burjalbabas_

" Burj Al Babas adalah pengembangan perumahan yang terletak di dekat kota Turki Mudurnu yang bangunannya dirancang menyerupai puri mini "

KENDARI, TELISIK.ID - Orang-orang pencinta misteri dan horor kemungkinan besar sangat suka datang ke tempat-tempat yang bisa disebut berhantu serta menyeramkan. 

Jika destinasi wisata misteri ataupun horor hanya ada di suatu tempat tertentu, ternyata ada sebuah kota hantu terbesar di dunia, yaitu Burj Al Babas.

Burj Al Babas adalah pengembangan perumahan yang terletak di dekat kota Turki Mudurnu yang bangunannya dirancang menyerupai puri mini. 


Dikutip dari Suara.com jaringan Telisik.id, Burj Al Babas adalah proyek yang awalnya diperuntukkan bagi keluarga kaya raya yang ingin menghabiskan waktu pelesiran di Turki. Bangunannya tak main-main, tampak mewah bak Istana Disney. Jumlahnya pun mencapai ratusan unit.

Kota hantu ini letaknya berdekatan dengan desa bersejarah di barat laut Turki, Mudurmu. Ratusan bangunan mirip istana dongeng Disney tersebut, beberapa di antaranya sudah mulai rusak.

Baca Juga: Terapkan Syariat Islam dan Penduduk 100 Persen Muslim, Negara Ini Terancam Hilang dari Bumi

Tidak terawatnya Burj Al Babas, diduga gara-gara ambisi besar dan harga properti yang selangit. Kondisi ekonomi yang sulit juga diperkirakan membuat mimpi Burj Al Babas kandas.

Inisiator perumahan mewah unik ini adalah Yerdelen brothers selaku pihak yang mengelola perusahan konstruksi Sarot Property Group. Tujuan proyek ini adalah menarik para pembeli vila dari negara Timur Tengah, yang kerap berlibur ke Turki.

Para orang kaya tersebut kerap mengunjungi Turki karena tertarik dengan iklim Mediterania dan pemandangan yang indah sehingga diyakini akan bersedia membeli vila.

Awalnya, harga satu vila ini mencapai 400 ribu hingga 500 ribu dolar atau setara Rp 5,9 miliar hingga Rp 7,2 miliar. Sebanyak 50 persen dari 700 vila pun berhasil terjual.

Dilansir dari idntimes.com, terdapat sekitar 732 properti mirip istana Disney yang tak berpenghuni sehingga wilayah ini dijuluki sebagai kota hantu terbesar di dunia.

Baca Juga: 9 Fakta Menarik Liechtenstein, Negara Terkecil dan Tajir tapi Tak punya Bandara

Pada awalnya, terdapat 350 kelompok investor yang sudah sepakat untuk membeli properti seharga kurang lebih Rp 5,3 miliar hingga Rp 7 miliar. Akan tetapi terjadi badai besar pada akhir 2018, yang membuat properti dalam kota ini mengalami kerusakan dan ada pula yang runtuh.

Terlebih lagi, keadaan ekonomi yang sulit juga diperkirakan membuat mimpi Burj Al Babas tak terlaksana. Kondisi tersebut membuat harga villa menjadi anjlok dan terus turun.

Meskipun demikian, kota ini tetap memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Banyak pengunjung dari berbagai negara terlihat mengabadikan momen berfoto dengan istana-istana ini. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga