Destinasi Wisata Prioritas Baru Wakatobi Masuk Program P3TB

Boy Candra Ferniawan, telisik indonesia
Selasa, 08 Maret 2022
0 dilihat
Destinasi Wisata Prioritas Baru Wakatobi Masuk Program P3TB
Suasana sosialisasi secara luring dan daring tentang Pedoman Umum (Pedum) dan Manual Pengelolaan Program (MPP) dalam program P3TB destinasi Wakatobi. Foto: Ist

" Antara Pemerintah Indonesia dengan Bank Dunia yang mencakup di antaranya perluasan lokasi program pembangunan pariwisata terintegrasi dan berkelanjutan (P3TB) "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Dalam rangka mensingkronisasikan kebijakan dalam rangka mengintegrasikan program pembangunan pariwisata terintegrasi dan berkelanjutan (P3TB) wisata prioritas baru Wakatobi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Maka melalui Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) mengadakan sosialisasi secara luring dan daring tentang Pedoman Umum (Pedum) dan Manual Pengelolaan Program (MPP) dalam program P3TB destinasi Wakatobi, Selasa (8/3/2022).

Dalam sambutannya, Bupati Wakatobi, Haliana menyambut baik dengan diselenggarakannya kegiatan ini. Dirinya berharap apa yang menjadi program wisata prioritas sebelumnya yaitu Pulau Komodo, Lombok, dan Danau Toba dapat diiplemenatsikan di Kabupaten Wakatobi.

“Dengan masuknya Kabupaten Wakatobi dalam program P3TB melalui pemerintah pusat. upaya akselerasi pembangunan pariwisata yang berkelanjutan diperlukan sinergi dengan berbagai pihak. kami berharap ekonomi masyarakat akan meningkat di tengah ketidak pastian ekonomi global akibat pandemi,” ujar Haliana.

Bupati Wakatobi lewat kesempatan tersebut menyakini dan optimis melaui P3TB yang dilaksankan secara berintegritas dan berkelanjutan dengan prinsip-prinsip pembangunan menjadi semesta luas. Melalui kebijakan pariwisata nasional, akan menjadikan Wakatobi sebagai kabupaten yang akan berkontribisi positif pada pembangunan nasional.

Baca Juga: Rapat Paripurna Pergantian Pimpinan DPRD Butur Berlangsung Hari Ini

“Saya menyakini Kabupaten Wakatobi akan siap dan melalui program P3TB ini akan menjadi tombak perwujudan pariwisata  yang eklusif yang berdampak pada meningkatnya ekonomi masyarakat. Wakatobi dengan keunggulan keanekaragaman hayati dan sosial budaya serta kultur yang dimiliki menjadi modal dasar untuk bersaing di pasar pariwisata global,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Pusat Pengembangan Infrastruktur Wilayah III, Manggas Rudy  Siahan mengungkapkan, secara khusus kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat komitmen bersama antara pemerintah pusat dan daerah dalam pembangunan pariwisata terintegrasi dan berkelanjutan di Indonesia, itu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya pembanguan pariwisata Kabupaten Wakatobi.

Baca Juga: Sejumlah Kendaraan Rusak Pemkab Manggarai Tersimpan di Bengkel, Bagaimana Nasibnya?

“Kegiatan ini diselenggarakan untuk memperoleh kesamaan pemahaman dan persepsi antara pemerintah pusat dan daerah dalam melaksanakan koordinasi dan komitmen dalam pembangunan pariwisata terintegrasi dan berkelanjutan. Dalam program P3TB ini pembangunan destinasi pariwisata prioritas melalui pendekatan yang kondusif, integratif, tematik dan sosial,” ungkapnya.

Perlu diketahui berdasarkan amandemen perjanjian pinjaman P3TB 25 Juni 2021. Antara Pemerintah Indonesia dengan Bank Dunia yang mencakup di antaranya  perluasan lokasi program pembangunan pariwisata terintegrasi dan berkelanjutan  (P3TB).

Meliputi tiga destinasi prioritas baru yaitu Taman Nasional Komodo (TNK), Labuan Bajo di Provinsi Nusa Tenggara Timur, Bromo Tengger Semeru di Jawa Timur dan Kabupaten Wakatobi Provinsi Sulawesi Tenggara. (B)

Reporter: Boy Candra Ferniawan

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga