Dewan Dukung Mendikbud Buka Sekolah Tatap Muka Januari 2021

Rahmat Tunny, telisik indonesia
Jumat, 20 November 2020
0 dilihat
Dewan Dukung Mendikbud Buka Sekolah Tatap Muka Januari 2021
Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda. Foto: Ist.

" Wabah COVID-19 masih menunjukkan tren peningkatan dalam minggu-minggu terakhir ini. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda menyambut baik rencana  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim, untuk pembukaan sekolah pada Januari 2021 mendatang.

Hanya saja, kata dia, ketika sekolah kembali dibuka maka yang harus dilakukan dengan protokol kesehatan ketat, karena saat ini penularan wabah COVID-19 masih terus berlangsung.

"Wabah COVID-19 masih menunjukkan tren peningkatan dalam minggu-minggu terakhir ini," kata Huda kepada wartawan, Jumat (20/11/2020).

Menurut Huda, pembukaan sekolah untuk pembelajaran tatap muka menjadi kebutuhan, khususnya di daerah-daerah.

Sebab, pembelajaran jarak jauh atau daring yang tidak bisa berjalan efektif karena minimnya sarana-prasarana pendukung dan akses internet yang tidak merata.

Apalagi, tambah dia, di beberapa daerah selama pandemi COVID-19 siswa benar-benar tidak bisa belajar karena sekolah ditutup.

"Kondisi ini sesuai dengan laporan terbaru World Bank (WB) terkait dunia pendidikan Indonesia akan memunculkan ancaman loss learning atau kehilangan masa pembelajaran bagi sebagian besar peserta didik di Indonesia," ucapnya.

Baca juga: Pemerintah Bakal Batasi Pemilik Akun Media Sosial

Politikus PKB ini menilai pembukaan sekolah dengan pola tatap muka akan mengembalikan ekosistem pembelajaran bagi para siswa.

Kendati demikian, Huda menegaskan pemerintah harus memastikan syarat-syarat pembukaan sekolah tatap muka agar tetap terpenuhi.

"Waktu belajar juga harus fleksibel, misalnya siswa cukup datang sekolah 2-3 seminggu dengan lama belajar 3-4 jam saja," ujarnya.

Huda juga meminta pemerintah menyiapkan anggaran khusus untuk memastikan prasyarat-prasyarat protokol benar-benar tersedia di sekolah. Mulai penyediaan protokol kesehatan hingga sarana sanitasi, seperti toilet dan tempat mencuci tangan.

"Kami berharap ada alokasi anggaran khusus untuk memastikan sarana penting tersebut tersedia sebelum sekolah benar-benar dibuka," pungkasnya.

Sebelumnya, Mendikbud Nadiem Makarim mengaku akan memperbolehkan sekolah tatap muka dalam masa pandemi mulai Januari 2021. (C)

Reporter: Rahmat Tunny

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga