adplus-dvertising

Dewan Minta Tenaga Kerja Sektor Tambang Utamakan Pekerja Lokal

Hir Abrianto, telisik indonesia
Sabtu, 14 Mei 2022
429 dilihat
Dewan Minta Tenaga Kerja Sektor Tambang Utamakan Pekerja Lokal
Interview calon tenaga kerja di Kantor Disnaker Bombana digelar sejak tanggal 12 Mei 2022. Foto: Hir/Telisik

" Dengan banyaknya perusahaan pertambangan, diharapkan dapat berdampak positif terhadap masyarakat, khususnya pada lapangan kerja "

BOMBANA, TELISIK.ID - Komisi III DPRD Bombana minta perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Bombana khususnya di Pulau Kabaena, melakukan perekrutan tenaga kerja dengan mengutamakan masyarakat lokal atau warga Bombana.

Ketua Komisi III, Ashari Usman kepada Telisik.id saat dikonfirmasi mengatakan, Wonua Bombana merupakan salah satu daerah yang banyak ditemukan aktivitas investasi khususnya di bidang pengolahan kandungan tanah atau pertambangan.

Olehnya itu, dengan banyaknya perusahaan pertambangan, diharapkan dapat berdampak positif terhadap masyarakat, khususnya pada lapangan kerja. Tentunya dengan cara terbuka dan bekerja sama dengan pemerintah daerah.


"Tenaga kerja yang membutuhkan skill khusus tidak apa-apa kalau dari luar karena yang tahu standar kebutuhan pekerjaan adalah perusahaan. Tetapi kalau hanya tenaga kerja non skill atau umum, maka berdayakanlah masyarakat Bombana ini supaya kehadiran investasi berdampak positif bagi masyarakat," ucap Ashari Usman.

Hingga saat ini, kata Ashari Usman, perusahaan pertambangan di Bombana telah menjamur selama bertahun-tahun, namun pada perekrutan tenaga kerja tidak pernah disampaikan secara terbuka kepada pemerintah daerah dan dewan.

Baca Juga: Setahun, Honor Enam Tenaga Ahli Bupati Muna Capai Rp 180 Juta

"Baru-baru ini, PT Tonia menjadi yang perdana melakukan perekrutan tenaga kerja bekerja sama dengan Disnaker, semoga menjadi contoh bagi perusahaan lain karena banyak perusahaan yang bertahun-tahun beroparasi di Bombana tapi daerah tidak tahu berapa masyarakat Bombana yang diberdayakan," jelasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Nakertrans Bombana, Muhammad Subur, membenarkan bahwa saat ini tengah berjalan perekrutan tenaga kerja oleh PT Tempopress International Delivery (PT TID) untuk berkerja di PT Tonia.

Baca Juga: Tutup Donasi, Ibu Muda Tertahan Akibat Biaya Rumah Sakit Sudah Keluar

"Sementara berlangsung perekrutan tenaga kerja secara terbuka oleh perusahan disaksikan oleh Pemkab dan ini adalah kali pertama di Bombana semoga bisa dicontoh perusahaan lain," kata Muhammad Subur.

HR PT Tempopress International Delivery (PT TID), Wardah, mengaku rekrutmen tenaga kerja perusahaan bermitra dengan pemerintah daerah baru kali pertama di Bombana namun ke depannya akan diupayakan untuk terus berlanjut.

"Saat ini PT Tonia membutuhkan tenaga kerja berskill khusus yakni driver dan operator kendaraan besar seperti ekskavator, loader, greder dan compactor. Bagi siapapun yang berminat silakan hubungi kami secepatnya karena perekrutan terbatas," ucap Wardah, Sabtu (14/5/2022). (A)

Penulis: Hir Abrianto

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga