Dewas Periksa Seluruh Pimpinan KPK, Firli Bahuri Minta Penjadwalan 8 November

Mustaqim, telisik indonesia
Jumat, 27 Oktober 2023
0 dilihat
Dewas Periksa Seluruh Pimpinan KPK, Firli Bahuri Minta Penjadwalan 8 November
Anggota Dewas KPK, Albertina Ho memgaku memeriksa seluruh pimpinan KPK. Foto: dok. KPK

" Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), memeriksa seluruh pimpinan KPK terkait dugaan pelanggaran etik Firli Bahuri dalam kasus dugaan pemerasan dan pertemuan pimpinan KPK dengan mantan Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL) "

JAKARTA, TELISIK.ID - Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), memeriksa seluruh pimpinan KPK terkait dugaan pelanggaran etik Firli Bahuri dalam kasus dugaan pemerasan dan pertemuan pimpinan KPK dengan mantan Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL), Jumat (27/10/2023).

Sehari sebelumnya pada Kamis (26/10/2023), Dewas terlebih dulu memeriksa SYL. Pemeriksaan terhadap SYL dilakukan untuk mendalami pertemuannya dengan Firli di lapangan bulutangkis GOR Tangki, Taman Sari, Jakarta Barat.

“(SYL) sudah diperiksa kemarin,” ungkap anggota Dewas KPK, Albertina Ho, kepada wartawan di Kantor Dewas KPK, Gedung ACLC KPK C1, Jakarta Selatan, Jumat (27/10/2023).

Albertina tidak menjelaskan detail materi pemeriksaan kepada tersangka SYL dalam kasus korupsi pemerasan lelang jabatan dan penerimaan gratifikasi di lingkungan Kementerian Pertanian (Kementan).

Baca Juga: Video: Safe House ketua KPK Firli Bahuri di Kertanegara Jakarta Selatan Tak Dilaporkan di LHKPN

Dewas KPK juga akan memeriksa para pimpinan KPK serta beberapa saksi untuk mengusut dugaan pelanggaran etik Firli dalam pertemuan dengan pihak berperkara.

“Mungkin nanti ada lagi yang lain (untuk diperiksa) ya,” ujar Albertina.

Kendati demikian, hanya Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron, yang sudah mengkonfirmasi akan menghadiri pemeriksaan Jumat ini. Sementara Firli meminta penjadwalan ulang jadwal pemeriksaan setelah 8 November 2023 atau dua pekan ke depan.

Wakil Ketua KPK lainnya menginformasikan tidak bisa hadir. Pomolango memberitahukan sedang sakit sementara Alexander Marwata dan Johanis Tanak dikabarkan masih dinas di luar kota.

“Kami baru dapat juga konfirmasi dari sekretaris pimpinan itu kalau yang bisa diperiksa hari ini hanya Pak Nurul Ghufron,” kata Albertina.

Albertina membenarkan, Firli meminta penjadwalan ulang pada dua pekan depan. Namun, dia tidak mengetahui alasan Ketua KPK ini meminta penjadwalan ulang dan Dewas segera mengkonfirmasi alasan tersebut.

“Pak Filri minta dijadwal ulang setelah tanggal 8 November (2023). Alasannya belum diberitahu. Silahkan (juga) tanya aja ke sana alasannya,” beber Albertina.

Anggota Dewas KPK lainnya, Syamsuddin Haris, sebelumnya menyampaikan bahwa pihaknya akan memeriksa seluruh pimpinan KPK pada Jumat ini.

”Rencananya pemeriksaan semua pimpinan KPK, termasuk Pak FB (Firli Bahuri). Dijadwalkan hari ini, pagi sampai dengan sore,” ujar Syamsuddin Haris.

Firli diketahui telah diperiksa Polda Metro Jaya terkait dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK terhadap SYL. Dugaan pemerasan itu kini dalam penyidikan Polda Metro Jaya.

Baca Juga: Rumah Ketua KPK Firli Bahuri di Kertanegara Tak Terdaftar di LHKPN, Kejati Terima SPDP Kasus Pemerasan

Penyidik Polda Metro Jaya juga telah menggeledah rumah Firli di Villa Galaxy, Bekasi dan di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (26/10/2023). Dalam penggeledahan itu penyidik KPK ikut hadir di rumah Firli di Jalan Kertanegara.

“Ini informasi yang kami peroleh karena diminta penyidik (Polda Metro Jaya) untuk hadir,” ungkap Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri.

Ali tidak bersedia menjelaskan terkait kehadiran para penyidik KPK di rumah Firli saat penggeledahan oleh penyidik Polda Metro Jaya.

”Selebihnya silakan ditanyakan kepada pihak Polri,” ujarnya. (A)

Penulis: Mustaqim

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga