Di Butur, Pelihara 10 Ekor Sapi di Lahan 1 Hektare Bisa Dapat Tabungan Rp 250 Juta?

Aris, telisik indonesia
Kamis, 27 Januari 2022
0 dilihat
Di Butur, Pelihara 10 Ekor Sapi di Lahan 1 Hektare Bisa Dapat Tabungan Rp 250 Juta?
Kepala Dinas Pertanian Buton Utara, Yusuf saat melihat sapi milik masyarakat. Foto: Ist

" Kepala Dinas Pertanian, Butur, Yusuf, akan adanya bantuan bibit sapi "

BUTON UTARA, TELISIK.ID - Diperkirakan bibit sapi akan ada di Kabupaten Buton Utara (Butur) mulai April-Mei 2022. Bibit sapi itu nantinya dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra).

Seperti diungkapkan Kepala Dinas Pertanian, Butur, Yusuf, akan adanya bantuan bibit sapi itu, tugasnya saat ini adalah menyiapkan lahan dari masyarakat yang ingin beternak sapi. Meski begitu, masyarakat yang ingin memelihara sapi harus mau menyiapkan lahannya.

"Dari Kementerian suratnya baru dibawa, kita belum tau, karena namanya juga bermohon (pengadaan sapi)," kata Yusuf saat ditemui di kediamannya, Rabu (26/1/2022).

Karena melihat banyak lahan masyarakat yang terbengkalai, Yusuf menginginkan untuk bisa diternakan sapi pada lahan tidur milik masyarakat itu.

"Dia melihat potensi ini. Inikan potensi, selama ini lahan ini tidur, terbengkalai," ujarnya.

"Padahal kalau di kawat lahannya baru lepas sapi, itu sapinya tidak minta makan, dia makan sendiri rumput kan," ujarnya.

Kendati demikian, selama ini pihaknya berpikir agar masyarakat bisa beternak sapi bali, menurutnya sapi bali itu adaptif atau dapat menyesuaikan terhadap alam.

Baca Juga: Jaga Kondusifitas Bombana, Warga Kedapatan Bawa Sajam Saat Kampanye Pilkades Bakal Ditindak

Tidak hanya sapi bali saja, ternyata menurut pengakuannya, sudah ada masyarakat di Butur yang memelihara sapi jenis simmental. Kata Yusuf, jika kemampuan adaptasi sapi jenis simmental itu sama dengan sapi bali, dia juga menginginkan masyarakat untuk beternak sapi simmental tersebut.

"Karena dia lebih mahal, lebih besar. Induknya saja itu harganya Rp 25 juta," jelas dia.

"Bayangkan kalau di lahan 1 hektar kita lepas 10 ekor, harga Rp 25 juta kan, Rp 250 juta kita punya tabungan. Lalu indah kita lihat," terangnya.

Baca Juga: Ikut Tangkap Bupati Langkat saat OTT, Ini Peran Kapolda Sumut

Sementara itu Yusuf menyebut, sebaran sapi yang diternakan di Kabupaten Butur kebanyakan di Kecamatan Wakorumba Utara. (C)

Reporter: Aris

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga