Di Hadapan Mahasiswa UMW, Mantan Menteri Pertanian Paparkan Mindset Sukses

Andi Irna Fitriani, telisik indonesia
Sabtu, 09 Oktober 2021
0 dilihat
Di Hadapan Mahasiswa UMW, Mantan Menteri Pertanian Paparkan Mindset Sukses
Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman, Founder Tiran Group (kemeja putih) bersama petinggi-petinggi Universitas Mandala Waluya (UMW) Kendari. Foto: Andi Irna Fitriani/Telisik

" Andi Amran Sulaiman berpesan, pemuda harus merubah pola pikir dan harus membentuk karakter. "

KENDARI, TELISIK.ID - Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman, Founder Tiran Group sekaligus mantan Menteri Pertanian Republik Indonesia (RI) 2014-2019, hadir untuk merubah mindset pemuda Sulawesi Tenggara (Sultra).

Hal tersebut diungkapkannya saat menghadiri kuliah tamu di Universitas Mandala Waluya (UMW) Kendari, bertema mewujudkan pribadi sukses yang mandiri dan berdaya saing, Sabtu (9/10/21).

Andi Amran Sulaiman berpesan, pemuda harus merubah pola pikir dan harus membentuk karakter. Gunakan waktu 20 jam, minimal 18 jam untuk belajar, bekerja dan seterusnya, setelah itu harus yakin.

Yakin itu sendiri setidaknya ada tiga tingkatan yaitu, Ilmul Yaqin, Ainul Yaqin, dan Haqqul Yaqin.

"Ilmul Yaqin artinya keyakinan yang didasarkan pada ilmu, dia keyakinannya untuk sukses itu masih tahap rendah. Ainul Yaqin artinya melihat, contoh ada Monas di Jakarta, anda tidak pernah lihat, kalau anda pergi lihat meningkat menjadi Ainul Yaqin. Yang tertinggi adalah Haqqul Yaqin, aku tidak pernah lihat Tuhan tapi aku yakin Tuhan itu ada," jelasnya.

Lebih lanjut, Amran mengatakan, jika ingin sukses, tempatkan posisi Haqqul Yaqin, setelah itu harus mengambil tindakan.

"Setelah tindakannya bagus, sudah berubah pola pikir tadi, sudah yakin kemudian masuk persisten, diulangi kebaikan itu, InsyaAllah ini menjadi habit dan menjadi sukses," ujarnya.

Baca juga: Rektor UHO Minta Seluruh Rumpun Ilmu Ikuti Perkembangan Teknologi

Baca juga: UHO Resmi Jalin Kerjasama dengan Komisi Kejaksaan RI

Di tempat yang sama, Rektor UMW Kendari, Dr. Ratna Ummi Nurlila mengharapkan, mahasiswa UMW bukan hanya kuat di kompetensi, tapi juga bisa berdaya saing dan mandiri.

"Tentunya ini harus dikuatkan dengan beberapa penguatan, kita dari universitas punya penciri adalah unggul di bidang enterpreuner, sehingga mahasiswa kami dengan kompetensi masing-masing bisa meningkatkan kompetensinya itu di bidang kewirausahaannya masing-masing," jelasnya.

"Semoga mahasiswa semakin termotivasi, kemudian mampu untuk menjadi mandiri yang lebih berdaya saing, tentunya membawa kesuksesan bagi mahasiswa," sambung Ratna Ummi Nurlila.

Sementara itu, salah seorang mahasiswa UMW, Fitri, merasa sangat terinspirasi dan sangat termotivasi untuk menjadi seperti Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman.

"Saya sangat salut dengan perjuangan beliau, dan dari kegiatan ini pula saya mulai berpikir untuk merubah mindset saya untuk keluar dari zona nyaman. Saya sangat berharap bisa menjadi seperti beliau di masa depan nanti," harap mahasiswi jurusan Teknologi Laboratorium Medis tersebut.

Untuk diketahui, dari pantauan tim Telisik.id, terlihat peserta kuliah tamu UMW Kendari, sangat antusias dengan kedatangan owner Tiran Group sekaligus mantan Menteri Pertanian Republik Indonesia (RI) 2014-2019 tersebut. (A)

Reporter: Andi Irna Fitriani

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga