Di Tengah Pandemi COVID-19, MTQ dan FSQ Wakatobi Digelar Terbatas dan Sederhana

Boy Candra Ferniawan, telisik indonesia
Senin, 21 Februari 2022
0 dilihat
Di Tengah Pandemi COVID-19, MTQ dan FSQ Wakatobi Digelar Terbatas dan Sederhana
Pemukulan bedug Oleh Bupati Wakatobi sebagai tanda dibukanya MTQ dan FSQ Kabupaten Wakatobi. Foto: Boy/Telisik

" Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan MTQ dan FSQ Kabupaten Wakatobi tahun ini diadakan secara terbatas dan sederhana "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan MTQ dan FSQ Kabupaten Wakatobi tahun ini diadakan secara terbatas dan sederhana. Hal ini disebabkan pandemi COVID-19 masih berlangsung.

Pantauan Telisik.id, perhelatan MTQ dan FSQ dilaksanakan secara sederhana di dalam gedung Pesanggrahan Taman Budaya Wakatobi. Tidak diadakan pawai ta’aruf, ataupun panggung megah di lapangan terbuka.

Bupati Wakatobi H. Haliana saat membuka Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-13 dan Festival Seni Qasidah (FSQ) berskala kecil VI Senin (21/2/2022), mengatakan, perhelatan MTQ dan FSQ tidak hanya mencari bakat-bakat potensial untuk dikirim menjadi perwakilan Kabupaten Wakatobi pada penyelenggaraan MTQ dan FSQ tingkat provinsi maupun nasional.

"Tetapi harus dimaknai  lebih dari itu, mengajak umat Islam agar lebih mencintai Al-Qur’an dan memedomaninya," kata Haliana.

Dia juga berpesan agar para kafilah setiap kecamatan harus optimis dan berjuang untuk tetap berprestasi meski dalam suasana pandemi COVID-19.

Baca Juga: Cegah Penyebaran COVID-19, SAJ Bagi Masker ke Pengunjung Permandian Jompi

“Meskipun MTQ dan FSQ tahun ini dilangsungkan dalam kondisi pandemi, namun ini tidak menjadi halangan untuk kita kompetitif dan proaktif," tukasnya.

Haliana berharap para peserta dan masyarakat selalu menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan (prokes) COVID-19.

Sementara Sekda Wakatobi, Jumadin mengugkapkan, kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 21 hingga 24 Februari 2022.

“Perhelatan ini bertujuan untuk  meningkatkan pengetahuan serta  menjadikan Al-Qur’an dan hadis sebagai spirit pembangunan," ujarnya.

Baca Juga: FMDKI Ajak Muslimah Jadi Pengusaha, Ini Kuncinya

Diketahui, MTQ dan FSQ kali ini diikuti 320 peserta, memperlombakan pada MTQ 14 cabang serta FSQ 4 cabang. Pembukaan ini ditandai dengan pemukulan bedug serta pelantikan dewan hakim, dewan pengawas dan dewan juri. (B)

Reporter: Boy Candra Ferniawan

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga