Di Tengah Pandemi, Dinas Perkimtan Kendari Optimis Tata Kawasan Kumuh

Andi Irna Fitriani, telisik indonesia
Sabtu, 18 September 2021
0 dilihat
Di Tengah Pandemi, Dinas Perkimtan Kendari Optimis Tata Kawasan Kumuh
Kondisi rumah susun (Rusun) yang bertempat di Bungkutoko. Foto: Andi Irna Fitriani/Telisik

" Kepala Dinas Perkimtan Kendari, Cornelius Padang mengatakan, pada akhir September 2021 akan dijalankan program penataan kawasan kumuh dan akan terus melakukan pengawasan dalam pelaksanaannya. "

KENDARI, TELISIK.ID - Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (Perkimtan) Kota Kendari, terus bekerja demi perwujudan visi-misi Walikota Kendari berkaitan dengan perubahan wajah kota.

Kepala Dinas Perkimtan Kendari, Cornelius Padang mengatakan, pada akhir September 2021 akan dijalankan program penataan kawasan kumuh dan akan terus melakukan pengawasan dalam pelaksanaannya.

"Kami juga akan terus menjalankan program perbaikan rumah layak huni, kemudian kita mencoba menata perkuburan, karena itu sebagian dari tupoksi kita juga," kata Cornelius saat ditemui di kantornya, Jumat (17/9/2021).

Lebih lanjut, Cornelius mengungkapkan, rumah susun (Rusun) yang bertempat di Bungkutoko akan dilakukan perbaikan, karena kondisi rumah yang sudah banyak kerusakan dan membuat tingkat hunian tersebut tidak maksimal.

Baca juga: Aplikasi PeduliLindungi Jadi Syarat Nonton di Bioskop Hollywood Kendari

Baca juga: 3 Peserta Seleksi CPNS 2021 di SMKN 1 Kendari Terpapar COVID-19

"Tingkat hunian di sana hanya 10 persen, karena kondisi rumah itukan plafonnya terbuat dari asbes. Itu sudah rusak karena rembesan air, menyebabkan plafonnya itu banyak yang jatuh. Bahkan, sudah ada warga penghuni yang terkena. Jadi, sekarang orang agak takut untuk menyewa rusun di sana," jelas Cornelius.

Akibat Pandemi COVID-19, Cornelius mengatakan, ada beberapa hal yang tidak bisa dimaksimalkan, khususnya berkaitan dengan anggaran.

"Karena, memang beberapa mata anggaran itu harus dirasionalisasi sehingga tidak bisa kita maksimal melakukan perbaikan," ujarnya.

Cornelius berharap, tahun depan kondisi perekonomian bisa lebih baik, sehingga tidak ada kendala dalam menjalankan program.

"Mudah-mudahan tahun depan bisa kita melakukan perbaikan untuk rusun Bungkutoko," tutup Cornelius. (C)

Reporter: Andi Irna Fitriani

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga