Di Usia 7 Tahun, Fakultas Ilmu Budaya UHO Alami Kemajuan Pesat

Andi Irna Fitriani, telisik indonesia
Kamis, 25 November 2021
0 dilihat
Di Usia 7 Tahun, Fakultas Ilmu Budaya UHO Alami Kemajuan Pesat
Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UHO, Nur Arafah saat menghadiri Dies Natalis Ketujuh, FIB UHO. Foto: Andi Irna Fitriani/Telisik

" Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Halu Oleo (UHO), Nur Arafah menilai, diumur ke-7 tahun Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UHO memiliki kemajuan yang sangat besar "

KENDARI, TELISIK.ID - Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Halu Oleo (UHO), Nur Arafah menilai, diumur ke-7 tahun Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UHO memiliki kemajuan yang sangat besar.

Hal tersebut diungkapkannya saat menghadiri Dies Natalis Ketujuh, FIB UHO yang bertema "Lestari Budaya, FIB Berkarya, UHO Berjaya, Indonesia Tanggung",Kamis (25/11/2021).

"Jadi FIB 42 persen sudah akreditasi A, sedangkan jika dilihat dari rata-rata akreditasi UHO, baru 25 persen. Untuk itu Kita akan mendorong apa yang dicapai oleh FIB yang memberikan contoh baik yang bisa diadopsi oleh fakultas lain, khususnya meningkatkan akreditasi ini," katanya.

Untuk itu, WR III UHO berharap agar FIB dapat menjadi peradaban yang baik di Universitas Halu Oleo.

"Kalau berbicara soal peradaban, apa yang ada di diri kita bisa dipakai oleh orang lain, dan itu menjadi kebutuhan orang lain. Artinya bahwa, kalau Barat sudah berbicara peradaban Timur, Indonesia juga harus berbicara peradaban. Tentu dengan kearifan lokal, kita dapat menjadi contoh yang lebih baik bagi kehidupan," paparnya.

Di tempat yang sama, Dekan FIB UHO Dr. Akhmad Marhadi mengatakan, pada Dies Natalis ke-7 FIB sudah berupaya untuk menjadi fakultas yang mampu bersaing, baik di tingkat Universitas maupun di tingkat nasional atau internasional.

Baca Juga: Punya Ratusan Siswa, SMKS Kesehatan Mandonga Beri Bantuan Pendidikan

"Kami berbenah selama 7 tahun, dan Alhamdulillah hasilnya adalah fakultas ini yang dari akreditasi C, maka di hari jadinya ke-7 sudah mampu membuat akreditasi program studi menjadi 3 A dan 4 B," ujarnya.

Ia juga mengatakan, dengan prestasi tersebut merupakan sebuah spirit bagi mereka agar selalu berbenah untuk menjadi fakultas FIB yang lebih unggul.

"Karena sekarang kami berbenah, bagaimana prodi yang A bisa kami konfersi ke unggul, sedangkan yang B kami konfersi menjadi baik sekali bahkan itu menuju ke A, itu menjadi cita-cita kami," kata dia.

Lebih lanjut, ia mengaku bahwa FIB telah memiliki banyak kerjasama, baik secara nasional maupun internasional.

"Tetapi yang kami lakukan sesuai amanah pak rektor bahwa, sekarang seluruh kerjasama yang kita bangun bukan hanya kuantitas jumlah, tetapi bagaimana kualitas dari kerjasama itu. Sehingga seluruh kerjasama yang ada kami pacu kembali, tentu ini dengan spirit MBKM bisa menjadikan fakultas ini menjadi fakultas yang unggul di masa depan," jelasnya.

Baca Juga: Dies Natalis, Universitas Mandala Waluya Hadirkan Pameran Pendidikan

Sementara itu, Ketua Senat FIB UHO, Erens Elfianus mengatakan, dies natalis ketujuh tersebut merupakan cerminan langsung dari FiB, dimana banyak mengangkat kearifan-kearifan lokal.

"Dies natalis ini merupakan salah satu event yang besar, yang selalu kami selenggarakan setiap tahunnya," pungkasnya.

Untuk diketahui, kegiatan tersebut berlangsung  mulai 25 November hingga 27 November 2021. (A-Adv)

Reporter: Andi Irna Fitriani

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga