Dianggap Tak Penting, Silica Gel Ternyata Miliki Banyak Manfaat

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Rabu, 29 November 2023
0 dilihat
Dianggap Tak Penting, Silica Gel Ternyata Miliki Banyak Manfaat
Silica gel yang ada saat membeli barang baru ternyata memiliki banyak manfaat di kehidupan sehari-hari. Foto: harapanrakyat.com

" Saat membeli barang seperti sepatu ataupun obat-obatan, di dalamnya terdapat kantong kecil yang disebut silica gel. Banyak yang belum tau manfaat dari silica gel ini dan hanya membuangnya ke tempat sampah tanpa berpikir dua kali "

KENDARI, TELISIK.ID - Saat membeli barang seperti sepatu ataupun obat-obatan, di dalamnya terdapat kantong kecil yang disebut silica gel. Banyak yang belum tau manfaat dari silica gel ini dan hanya membuangnya ke tempat sampah tanpa berpikir dua kali.

Manfaat silica gel untuk kehidupan sehari-hari cukup beragam. Manfaat dari silica gel bahkan sangat berguna untuk berbagai keperluan kita. Silica gel merupakan silika dioksida yang terbuat secara sintetis menggunakan bahan dasar natrium silikat.

Dilansir dari merdeka.com, berikut beberapa manfaat bisa didapatkan dari silicia gel yang jarang diketahui:

Baca Juga: Inspirasi Tren Furnitur Rumah dengan Desain Menarik

1. Mengatasi Kaca Berkabut

Kaca mobil yang berkabut dapat diatasi dengan kantong silica gel. Kaca depan yang berkabut sangat mengganggu dan mungkin menjadi penyebab banyak situasi berbahaya di jalan.

Jika peralatan teknis di mobil tidak dapat mengatasi masalah ini dengan baik, cukup letakkan beberapa kantong silika di dekat kaca depan dan nikmati perjalanan.

2. Menghilangkan Bau Tidak Sedap pada Sudut Ruangan

Silica gel juga bermanfaat untuk menghilangkan bau tak sedap pada sudut-sudut ruangan. Seperti bau konstan dibawah wastafel, bisa diatasi dengan menyimpan silica gel ukuran besar disimpan dibawah wastafel. Mengganti kantong silica gel sesekali agar bau tak sedap cepat hilang.

3. Mengurangi Bau Sepatu

Dilansir dari harapanrakyat.com, sepatu yang sering digunakan sehari-hari bisa mengeluarkan aroma yang kurang sedap. Penyebabnya beragam mulai dari sepatu lembab, terkena keringat dan lain sebagainya. Aroma yang tidak sedap dari sepatu tentunya sangat mengganggu bagi kita bahkan orang lain di sekitar.

Bau tidak sedap pada sepatu bisa diatasi dengan menggunakan silica gel dengan cara memasukkannya ke dalam sepatu. Silica gel mampu mengurangi bau tidak sedap sehingga bau sepatu bisa menjadi lebih baik.

4. Mencegah Jamur Muncul pada Sepatu atau Tas

Selain mampu menghilangkan bau, silica gel juga mampu mencegah pertumbuhan jamur. Terutama pada sepatu maupun tas yang terbuat menggunakan bahan dasar kulit. Sepatu atau tas memang mudah berjamur jika Anda menempatkannya pada wadah yang lembab.

Baca Juga: Jangan Kalah dari AI, 5 Skill Ini Wajib Dimiliki di Tahun 2024

Jika berjamur tentunya penampilan tas dan sepatu yang kurang bagus dan indah. Manfaat silica gel mampu mencegah jamur dengan memasukkannya pada tas maupun sepatu. Jangan lupa pula untuk membersihkan tas dan sepatu sebelum menyimpannya dalam wadah.

5. Cegah Karat dan Korosi

Manfaat silica gel yang berikutnya adalah dapat mencegah karat dan korosi. Kelembaban yang berlebihan adalah salah satu alasan mengapa korosi dimulai sejak awal.

Menyimpan kantong silica gel dengan pisau cukur, obeng, palu, dan bahkan peralatan perak adalah  cara yang bagus untuk menyelamatkannya dari karat dan noda. (C)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga