Dibangun Mulai Agustus, Begini Konsep Rumah Sakit Tipe D Puuwatu

Sumarlin, telisik indonesia
Senin, 16 Agustus 2021
0 dilihat
Dibangun Mulai Agustus, Begini Konsep Rumah Sakit Tipe D Puuwatu
Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir (baju putih) menyampaikan rencana pemerintah Kota Kendari membangun RSUD tipe D di Kecamatan Puuwatu. Foto: Sumarlin/Telisik

" Rencana pembangunan rumah sakit tipe D di Kelurahan Puuwatu, Kota Kendari, rencananya akan dilakukan bulan Agustus ini. "

KENDARI, TELISIK.ID - Rencana pembangunan rumah sakit tipe D di Kelurahan Puuwatu, Kota Kendari, rencananya akan dilakukan bulan Agustus ini.

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir menuturkan, pembangunan rumah sakit tipe D direncanakan untuk menampung pasien khusus, karena rumah sakit umum daerah (RSUD) Kota Kendari saat ini sering kali penuh tak bisa lagi menampung pasien umum.

"Kita tau sekarang ini sedang mewabah COVID-19, nah pemerintah kota hanya punya satu rumah sakit, kalau situasinya seperti ini agak sulit menangani pasien Covid," ujarnya saat menyerahkan bantuan di Kelurahan Punggolaka, Senin (16/8/2021).

Menurut wali kota, jika Pemerintah Kota Kendari memiliki dua rumah sakit maka akan lebih mudah menangani jika terjadi kejadian luar biasa seperti saat ini.

Dimana, satu rumah sakit disiapkan untuk menangani penyakit khusus, sedangkan yang lainnya digunakan untuk menangani penyakit umum.

Baca juga: Tangani Rumah Kumuh, Pemkot Bantu Perbaikan Rumah Warga Punggolaka

Baca juga: Kasus Melorot, Pemkot Kendari Tunggu Pusat Turunkan Level PPKM

Pasangan Siska Karina Imran ini bercerita, saat ini kapasitas RSUD Kota Kendari hampir penuh dengan pasien Covid, sehingga pasien umum takut ke rumah sakit karena khawatir terjangkit.

"Kejadian sekarang, kalau Covid meningkat tidak ada pasien umum yang mau datang ke rumah sakit, takut dia. Dia bilang, jangan sampai kita datang rumah sakit bukan tambah sembuh, kita malah tertular Covid," ungkap wali kota.

Dia berharap, dengan pembangunan rumah sakit baru akan menambah fasilitas layanan kesehatan bagi warga Kota Kendari, khusus warga Kecamatan Puuwatu, yang tidak perlu jauh lagi ke RSUD Kota Kendari di Kecamatan Kambu.

Rencananya, struktur bangunan rumah sakit ini akan dibuat tiga lantai dengan menggunakan pinjaman dari Pemerintah pusat melalui PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI). Pemerintah Kota Kendari menyediakan anggaran Rp 146 miliar untuk RSUD tipe D ini.

Politisi PKS ini meminta doa dan dukungan seluruh warga Kota Kendari agar program pembangunan yang dilakukan pemerintah kota Kendari bisa berjalan sesuai rencana. (C-Adv)

Reporter: Sumarlin

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga