Dibangun Pemda, Cafe Coklat dan Galery Pusat Oleh-Oleh Khas Kolaka Utara

Muh. Risal H, telisik indonesia
Kamis, 04 Mei 2023
0 dilihat
Dibangun Pemda, Cafe Coklat dan Galery Pusat Oleh-Oleh Khas Kolaka Utara
Gedung Cafe Coklat dan Galery pusat oleh-oleh khas Kolaka Utara yang terletak di jalur by pass Lasusua. Foto: Ist.

" Cafe Coklat dan Galery dibangun oleh pemerintah Kabupaten Kolaka Utara sebagai pusat oleh-oleh khas berbahan baku cokelat "

KOLAKA UTARA, TRLISIK.ID - Cafe Coklat dan Galery sebagai pusat oleh-oleh, kini hadir di Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara. Cafe Coklat dan Galery dibangun oleh pemerintah Kabupaten Kolaka Utara sebagai pusat oleh-oleh khas berbahan baku cokelat.

Penjabat Bupati Kolaka Utara, Parinringi, saat meresmikan Cafe Coklat dan Galery mengatakan, keberadaan tempat ini mempunyai makna yang penting bagi daerah khususnya dalam mengembangkan produk hilir kakao sebagai upaya mendorong kegiatan ekonomi masyarakat.

"Tempat ini akan menjadi pusat oleh-oleh khususnya yang berbahan baku cokelat khas Kolaka Utara," terangnya pada awak media, Kamis (4/5/2023).

Tidak hanya itu, letak Kabupaten Kolaka Utara yang secara geografis berbatasan langsung dengan Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), menjadikan daerah ini sebagai jalur perlintasan sehingga ke depan diharapkan Cafe Coklat dan Galery dapat menjadi rest area.

"Semoga ke depan menjadi rest area dan destinasi persinggahan lalu lintas orang yang melintasi Kolaka Utara menuju Sulawesi Selatan dan sebaliknya," ujarnya.

Baca Juga: Menjamur di Konawe, Pengusaha Box Cafe Raup Omzet Rp 10 Juta per Hari

Selain cokelat khas Kolaka Utara, lanjutnya, tempat ini bakal menjadi pusat produk-produk khas Kolaka Utara hasil olahan usaha mikro kecil menengah (UMKM) Kolaka Utara.

"Bukan hanya cokelat saja tapi beberapa produk ciri khas Kolaka Utara akan kita sajikan di sini sehingga bisa jadi oleh-oleh," jelasnya.

Peresmian Cafe Coklat dan Galery sebagai pusat oleh-oleh khas Kolaka Utara oleh Penjabat Bupati Kolaka Utara, Parinringi. Foto: Muh Risal H/Telisik

 

Kadis DPMPTSP Sulawesi Tenggara ini yakin sumber daya alam Kolaka Utara melimpah dapat menarik masyarakat luar masuk ke Kolaka Utara, sehingga produk-produk yang dipasarkan di Cafe Coklat dan Galery dapat jadikan oleh-oleh tidak hanya masyarakat setempat tapi masyarakat luas Sulawesi seperti Jawa, dan tidak menuntut kemungkinan luar negeri.

Sementara itu, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kolaka Utara, Ismail Mustafa berharap, ke depan Cafe Coklat dan Galery ini dapat menjadi pusat promosi dan produk hasil perkebunan kakao hasil olahan UMKM, dan seluruh prodak kerajinan yang ada di Kabupaten Kolaka Utara.

Baca Juga: Nuansa Rooftop Cafe Langit Kendari

"Salah satu produk olahan kakao yang bisa dinikmati di tempat ini yakni olahan cokelat milk, ada varian yang kandungan gulaya agak dominan coklatnya sedikit, kemudian medium, dark, sampai ke tingkat dark (gulanya hampir tidak ada)," rincinya.

Lebih lanjut, Ismail menuturkan, Cafe Coklat dan Galery dikelola secara terbuka dan modern oleh PT Kolut Kakao Madani dengan sistem pembagian saham yaitu 25 persen pemerintah daerah, 25 persen untuk tiga koperasi kakao yang ada di Kolaka Utara, dan 25 persennya lagi untuk pengelola.

"Kita harapkan sebagai dari hasil usah ini dapat memberikan kontribusi PAD bagi Kabupaten Kolaka Kolaka," tukasnya. (B-info)

Penulis:  Muh Risal H

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga