adplus-dvertising

Dibantu Jerman Rp 350 Miliar, Pemerintah Bangun Jalur Kereta Api di Surabaya

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Senin, 06 Juni 2022
727 dilihat
Dibantu Jerman Rp 350 Miliar, Pemerintah Bangun Jalur Kereta Api di Surabaya
Kepala Dinas Perhubungan Jawa Timur, Nyono. Foto: Try Wahyudi Ari Setyawan/Telisik

" Pemerintah segera merealisasikan pembangunan proyek kereta api Surabaya Regional Railways Lines (SRLL) yang merupakan bagian dari proyek nasional "

SURABAYA,TELISIK.ID - Kepala Dinas Perhubungan Jawa Timur, Nyono mengatakan pemerintah segera merealisasikan pembangunan proyek kereta api Surabaya Regional Railways Lines (SRLL) yang merupakan bagian dari proyek nasional yang mendapatkan bantuan dari negara Jerman.

“Rencananya proyek kereta api Surabaya Regional Railways Lines (SRRL)  ini sejenis kereta KRL yang akan menghubungkan jalur dari Surabaya ke Lamongan kemudian ke Mojokerto dan Sidoarjo,” jelasnya di Surabaya, Senin (6/6/2022).

Nyono mengatakan untuk realisasinya rencananya akan dilakukan penandatangan kontrak di tahun 2025 mendatang.


”Tahun tersebut ditandatangani dan pembangunannya akan selesai pada tahun 2027 mendatang. Untuk anggarannya total mencapai Rp 350 Milyar dimana anggaran tersebut merupakan bantuan dari Jerman,” jelasnya.

Pembangunan jalur kereta api SRRL ini, lanjut Nyono  bertujuan untuk mempercepat konektivitas antar daerah serta mendorong pertumbuhan ekonomi.

Baca Juga: Cegah Tindak Kekerasan Anak, DP3A Bombana Bentuk PATBM di 122 Desa

“Pembangunannya di wilayah Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, dan Lamongan (Gerbangkertosusila) untuk mempercepat konektivitas dan mendorong pertumbuhan ekonomi,”sambungnya.

Ditambahkan oleh Nyono, proyek kereta api SRLL tersebut merupakan salah satu proyek nasional, dimana di setiap kota metropolis harus ada jenis kereta SRLL tersebut.

Baca Juga: Mall Pelayanan Publik Kabupaten Konawe Mulai Uji Coba

“Untuk di Indonesia persyaratan kota besar harus ada kereta jenis SRLL tersebut, dan di Indonesia ada 6 kota besar dimana untuk Surabaya belum ada jenis kereta tersebut,”jelasnya.

Sekedar diketahui, Gubernur Khofifah menjelaskan, rencana pembangunan jalur kereta api Surabaya Regional Railways Lines (SRRL) sejalan dengan mandat Perpres Nomor 80 Tahun 2019. Di mana salah satu poinnya ialah membangun konektivitas transportasi publik di wilayah Gerbangkertosusila.

Mantan Mensos tersebut mengungkapkan bahwa ada kesepakatan dengan pihak Jerman ada beberapa format untuk pembangunan kereta SRLL tersebut. (B)

Penulis: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Musdar

Artikel Terkait
Baca Juga