Dibubarkan, Massa Reuni 212: Kami akan Kembali Tahun Depan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 02 Desember 2021
0 dilihat
Dibubarkan, Massa Reuni 212: Kami akan Kembali Tahun Depan
Massa aksi damai Reuni 212 berkumpul di balik kawat besi yang dipasang aparat. Foto: Repro Antara

" Sejumlah massa yang hendak mengikuti kegiatan reuni akbar Persaudaraan Alumni (PA) 212 telah membubarkan diri "

JAKARTA, TELISIK.ID - Sejumlah massa yang hendak mengikuti kegiatan reuni akbar Persaudaraan Alumni (PA) 212 telah membubarkan diri, Kamis (2/12/2021).

Melansir Suara.com - jaringan Telisik.id, massa Reuni PA 212 yang sudah datang pada pagi tadi, gagal menggelar acara tahunan tersebut karena dihalau aparat keamanan.

Seharusnya acara yang sudah menjadi kegiatan tahunan itu digelar di sekitaran Patung Arjuna Wiwaha atau patung kuda, Jakarta Pusat, dekat istana negara. Namun, dari berbagai kawasan terlihat peserta aksi sudah sepi.

Setelah tak diizinkan masuk, massa sempat berkumpul di beberapa titik, khususnya di sekitaran kawasan Tanah Abang. Hingga pukul 13.45 WIB, sudah tidak ada lagi kerumunan dalam jumlah banyak.

Sisa-sisa peserta reuni terlihat berpencar sambil berjalan menuju sejumlah angkutan umum. Salah satunya seperti Abu, yang sengaja datang dari Bogor.

Abu mengaku kecewa dengan tak diizinkannya reuni akbar ini. Pasalnya sudah dua tahun belakangan ini acara tersebut tak digelar secara offline karena pandemi COVID-19.

"Kita kangen saja sih ya, rindu dengan 212. Zikir bersama. Dulu saya selalu datang tiap tahun," ujar Abu di stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (2/11/2021).

Baca Juga: Dinilai Legalkan Seks Bebas, Puluhan Warga di Surabaya Tolak Permendikbudristek 30/2021

Abu berharap tahun depan reuni akbar bisa kembali digelar. Ia pun akan datang kembali begitu ada kabar acara ini akan kembali diadakan.

"Kami pasti akan kembali, pasti itu. Tahun depan kalau ada lagi saya pasti datang," tuturnya.

Dia pun berharap kepolisian dan pemerintah tidak menjegal rencana digelarnya aksi ini tahun depan.

"Tolong pak polisi, kenapa sampai begini banget (dibubarkan). Kita cuma rindu sama 212," pungkasnya.

Baca Juga: Info Terbaru, Ternyata Ada 23 Daftar Hari Besar Desember 2021

Meski massa terlihat sudah bubar, kepolisian dan aparat keamanan lainnya masih berjaga ketat. Terlihat Jalan menuju ke patung kuda seperti di Medan Merdeka Selatan, Abdul Muis, dan Medan Merdeka Barat masih ditutup.

Untuk diketahui, mengutip kompas.com, Aksi 212 awalnya digelar oleh massa di halaman Monumen Nasional, Jakarta, pada Jumat 2 Desember 2016 lalu.

Aksi tersebut bertujuan untuk menuntut gubernur petahana DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, yang dianggap telah menodai agama. Setelah itu, aksi tersebut berlanjut hingga tahun-tahun berikutnya dengan nama Aksi Reuni 212. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga