Didik Supriyanto Hadir Seminar Pilkada Telisik.id

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 09 September 2020
0 dilihat
Didik Supriyanto Hadir Seminar Pilkada Telisik.id
Didik Supriyanto, Anggota DKPP RI. Foto: Ist.

" Pak Didik kita tahu sangat kompeten. Apalagi jejak karirnya yang cukup mumpuni. Sehingga, kita bisa banyak memetik buah pikirannya baik terhadap pelaksanaan pemilu maupun di bidang jurnalistik. "

KENDARI, TELISIK.ID - Anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI, Didik Supriyanto akan menghadiri Seminar Pilkada 2020 dan Pelatihan Jurnalistik Online yang diselenggarakan media Telisik.id pada Sabtu 26 September mendatang.

Didik Supriyanto akan menjadi salah satu pembicara pada kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Claro Kendari ini. Didik akan mengupas tema, “Membangun Peradaban melalui Pilkada Bermartabat dan Elegan”.

Didik diangkat berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 30/P Tahun 2020 yang menunjuk dirinya sebagai Anggota DKPP menggantikan Dr. Harjono untuk sisa masa bakti 2017-2022.

Penunjukan dirinya menjadi anggota DKPP bukan tanpa alasan, mengingat Didik cukup berpengalaman di dunia politik, khususnya sebagai penyelenggara pemilu. Ia pernah menjadi Anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Pusat selama enam tahun, dari 2011 sampai 2016.

Selain aktif di Panwaslu, pria kelahiran Tuban 6 Juli 1966 yang telah menulis 27 judul buku ini juga pernah mendapatkan amanah menjadi ketua Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) periode 2015-2016.

Sedangkan di dunia jurnalis pun nama Didik Supriyanto tidak asing lagi. Ia bergelut di bidang penyajian berita sejak masih duduk di bangku perkuliahan dan menempati posisi strategis, salah satunya Ketua Umum Badan Penerbitan Pers Mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM) Jogjakarta.

Karir dan namanya di dunia jurnalis semakin dikenal luas, mengingat ia adalah salah satu deklarator dan pendiri salah satu organisasi jurnalis terbesar di Indonesia, yaitu Aliansi Jurnalis Independen (AJI) yang dibentuk pada 1994.

Baca juga: Penyegaran Personel, Satu Pejabat Utama Polda Sultra Dirotasi

Sebagai pendiri, ia pun menempati beberapa jabatan penting, diantaranya menjadi anggota Badan Pemeriksa AJI (1997-1999), Sekjen AJI (1999-2001) hingga menjadi Koordinator Uji Kompetensi Jurnalis AJI (2012-2016).

Pria yang memiliki dua anak ini juga pernah menjadi Wakil Pemimpin Redaksi www.detik.com selama 11 tahun (2000-2011), Direktur Utama PT Detik Ini Koran (2002-2005), Anggota Badan Pekerja Dewan Pers (2003), serta Pemimpin Redaksi www.merdeka.com (2011-2016) dan beberapa jabatan lainnya di berbagai media.

Sementara itu, Ketua Panitia Seminar Haidir Muhari mengungkapkan, kegiatan ini dilakukan sebagai upaya memberikan sumbangsih positif terhadap demokrasi dan kebangsaan. Seminar pilkada diselenggarakan guna membahas hal-hal urgen, potensi, dan kerawanan terkait pemilihan serentak tahun 2020.

Dengan kehadiran anggota DKPP RI Didik Supriyanto, akan membuat seminar ini lebih berbobot dan berisi sesuai dengan target yang diinginkan dari seminar pilkada ini.

“Pak Didik kita tahu sangat kompeten. Apalagi jejak karirnya yang cukup mumpuni. Sehingga, kita bisa banyak memetik buah pikirannya baik terhadap pelaksanaan pemilu maupun di bidang jurnalistik,” ujar Haidir, Rabu (9/9/2020).

Untuk diketahui, Seminar Pilkada 2020 dan Pelatihan Jurnalistik Online ini juga bakal dihadiri dua pembicara dari Jakarta lainnya yakni, Suwarjono dan Rahim Asyik.

Suwarjono adalah Pemimpin Redaksi suara.com serta mantan Ketua Umum AJI Indonesia. Sedangkan Rahim Asyik adalah Direktur Pemberitaan dan Produksi Ayobandung.com, yang juga kini menjabat Ketua AMSI Jawa Barat. Rahim Asyik adalah mantan Pemimpin Redaksi Harian Pikiran Rakyat Bandung.

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: M Nasir Idris

Baca Juga