Logo Telisik.id

Diduga Barang Bukti 11 Kg Sabu Milik Terdakwa Hilang, Ini Tanggapan Polisi

369 dibaca Diduga Barang Bukti 11 Kg Sabu Milik Terdakwa Hilang, Ini Tanggapan Polisi

Klarifikasi Polrestabes Surabaya soal barang bukti sabu 11 kg diduga raib. Foto: Ist.

" Tidak ada barang bukti yang hilang dari pengungkapan kasus peredaran yang kami ungkap."

SURABAYA, TELISIK.ID - Polrestabes Surabaya memastikan tidak ada barang bukti 11 Kg sabu hilang saat pengungkapan di Surabaya.

Hal tersebut diungkapkan setelah adanya tudingan dari Indonesia Police Watch (IPW), bahwa adanya barang bukti 11 Kg sabu hilang saat pengungkapan dilakukan.

“Tidak ada barang bukti yang hilang dari pengungkapan kasus peredaran yang kami ungkap,” Wakasatnarkoba  Polrestabes Surabaya, Kompol Heru Dwi Purnomo saat dikonfirmasi di Surabaya, Rabu (7/4/2021).

Heru menjelaskan, kronologi pengungkapan tersebut bermula ketika anggota Satreskoba Polrestabes Surabaya mengungkap peredaran narkoba di Semarang.

Dalam pengungkapan tersebut diamankan tersangka Agus Hariyanto.

“Pada pengungkapan itu, diamankan barang bukti 5 kg sabu. Lalu anggota lakukan pengembangan dan berhasil mengamankan 23 kg sabu dan 20.000 butir pil ekstasi di sebuah gudang di Surabaya," jelasnya.

Baca juga: Ini Alasan Puluhan Remaja di Kendari Jajakan Dirinya Lewat MiChat

Saat pengembangan, kata Heru, diamankan dua tersangka lainnya yaitu berinisial MNC dan RR.

"Dari tangan RR diamankan barang bukti 10 Kg dan MNC barang bukti 1 kg. Namun karena melawan, keduanya diberi tindakan tegas dan terukur hingga meninggal dunia saat perjalanan ke rumah sakit,” jelasnya.

Heru menambahkan, dari pengungkapan tersebut kemudian dilakukan proses hukum hingga dilimpahkan ke pihak kejaksaan.

“Barang bukti tersebut lantas dimusnahkan. Pemusnahan digelar pada 26 Oktober 2020 di Mapolrestabes Surabaya," jelasnya.

Untuk diketahui, Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane menyoroti kasus hilangnya barang bukti 11 kg narkotika jenis sabu di Surabaya. Dia meminta agar perkara itu diusut Mabes.

Neta membeberkan, hilangnya barang bukti sabu terungkap ketika dipersidangan dengan terdakwa Agus Hariyanto dalam berkasnya disebutkan barang bukti sebanyak 21 Kg sabu.

Namun, kenyataannya yang ditampilkan di hadapan majelis hakim saat pengadilan hanya barang bukti 11 Kg sabu. Sedangkan sisanya diduga hilang entah kemana. (B)

Reporter: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Fitrah Nugraha

Post Tags:

Copyright © 2019 telisik.id . All rights reserved.

Main Menu

Beranda

Rubrik

News
Metro
Kasus
Peristiwa
Sosok
Cerita
Sehat
Foto
Video