Diduga Bocor, Tongkang Bermuatan Batu Bara Karam di Perairan Laut Kolut

Muh. Risal H, telisik indonesia
Selasa, 31 Agustus 2021
0 dilihat
Diduga Bocor, Tongkang Bermuatan Batu Bara Karam di Perairan Laut Kolut
Kapal tongkang asal Kalimantan yang karam di perairan Kolaka Utara. Foto: Muh. Risal/Telisik

" Berdasarkan pengakuan salah satu nelayan asal Desa Kalu-kaluku, Kecamatan Kodeoha, Irman, kapal tongkang tersebut karam sejak dua hari yang lalu "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Diduga mengalami kebocoran, kapal tongkang asal Kalimantan bermuatan material batu bara karam di tepi pantai Desa Maruge, Kecamatan Katoi, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut).

Berdasarkan pengakuan salah satu nelayan asal Desa Kalu-kaluku, Kecamatan Kodeoha, Irman, kapal tongkang tersebut karam sejak dua hari yang lalu.

"Kami kaget ada kapal tongkang yang muat batu bara sandar di pinggir pantai dengan kondisi miring ke kiri," kata Irman, Selasa (31/8/2021).

Sementara itu, Kepala Syahbandar Kolut Ikbar melalui Inspektur Mare, Yunus Darwis, mengungkapkan, personel Syabandar Kolut telah turun ke lokasi untuk membantu mengevakuasi dan memperbaiki kapal tersebut bersama para Anak Buah Kapal (ABK).

Baca Juga: PPKM Turun Level 3, PTM SD dan SMP di Surabaya Segera Bergulir

Baca Juga: Mau Berlayar Tujuan Kasipute-Pising? Ini Jadwal KMP Dharma Kencana I September 2021

"Beberapa anggota sudah ada di lokasi membantu ABK kapal memperbaiki kerusakan kapal. Air sementara dikuras dari kapal. Kalau selesai kemungkinan kapal akan kembali normal," kata Yunus Darwis.

Yunus menuturkan, kapal tersebut karam diduga setelah mengalami kebocoran pada lambung kapal saat berlayar dari Kalimantan menuju perusahaan PT Vale di Malili, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan (Sulsel).  

"Saat kapal diketahui bocor para ABK bergegas menepi dan mengandaskannya. Kalau sifatnya emergensi pasti dimana saja akan sandar," katanya. (B)

Reporter: Muh. Risal

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga