adplus-dvertising

Diduga Hendak Tawuran, Sejumlah Pemuda dan Sanjata Tajam Diamankan

Ashar Hamka, telisik indonesia
Minggu, 02 Oktober 2022
397 dilihat
Diduga Hendak Tawuran, Sejumlah Pemuda dan Sanjata Tajam Diamankan
Senjata tajam dan sejumlah pemuda yang berhasil diamankan dalam patroli Satpol PP Konawe Selatan bersama Polsek Andoolo. Foto: Ist.

" Anggota Satpol PP dan Polsek Andoolo, Konawe Selatan, berhasil mengamankan sejumlah senjata tajam (sajam) beserta belasan pemuda "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Anggota Satpol PP dan Polsek Andoolo, Konawe Selatan, berhasil mengamankan sejumlah senjata tajam (sajam) beserta belasan pemuda.

Kepala Satpol PP Konawe Selatan, Ivan Ardiansyah menyebutkan, patroli bersama antara Pol PP dan Polsek Andoolo merupakan patroli rutin gabungan.

Rutin dilakukan tiga kali dalam seminggu. Dalam patroli rutin semalam, pihaknya menemukan sajam berupa badik, busur panah, samurai, parang berbagai jenis, petasan dan satu jerigen minuman keras tradisional, serta beberapa kayu pemukul.  


Menurut Ivan, kuat dugaan para pemuda tersebut bakal melakukan tawuran. Dari penelusuran, penyebabnya hanya perkara sepele yaitu silang pendapat di antara anak muda dari dua kecamatan yang bertetangga. Untungnya, kejadian itu berhasil diantisipasi.

Kasat Pol PP Konsel yang didampingi jajarannya, Kabid Perundang-undangan dan penyidik pegawai negeri sipil Satpol PP serta 30 personel plus Kapolsek Andoolo AKP Juwanto beserta jajarannya, berhasil menghalau dan masih melakukan pemburuan terhadap sejumlah pelaku yang diduga masih bersembunyi dan melarikan diri.

Baca Juga: NU Jawa Timur Desak Bentuk Tim Investigasi Rusuh Kanjuruhan Malang

Lelaki berkumis itu juga mengatakan, pihaknya akan segera melakukan koordinasi untuk melakukan proses penyelesaian masalah baik secara hukum maupun kekeluargaan.

Mantan Camat Palangga ini berharap, masyarakat, terutama yang berada di sekitar perkantoran untuk menyampaikan pada anak-anaknya agar tidak terlibat dalam kegiatan tawuran massal. Dan hendaknya pengawasan orang tua terus ditingkatkan.

“Sesuai arahan pimpinan Bupati Konawe Selatan H. Surunuddin Dangga, semoga dengan hadirnya Satpol PP bersama aparat kepolisian dapat memberikan rasa aman kepada masyarakat sekitar perkantoran daerah. Juga secara keseluruhan wilayah Kabupaten Konawe Selatan," tegasnya sembari menambahkan, kegiatan pengamanan itu dilakukan hingga pukul 03.00 Wita dini hari.

Kapolsek Andoolo, AKP Juwanto menyebutkan, usai mengamankan sejumlah pemuda dan berbagai sajam, pihakya menggiring semuanya ke kantor kepolisian. Guna dilakukan pendataan dan pembinaan. Namun tidak dilakukan penahanan, mengingat sebagian pemuda yang diamankan masih berstatus pelajar.

Juga karena ketika senjata tajam ditemukan saat penggeledahan, tidak berada dalam penguasaan mereka, namun ditemukan di lokasi lain, yang berada di dekat lokasi para pemuda tersebut.

Baca Juga: Rusak Parah, Jalan Poros Ladongi Tak Kunjung Diperbaiki

“Kita amankan dulu, interogasi. Lalu orang tua dari masing-masing yang diamankan kami panggil untuk jemput anaknya pulang. Di mana sebelumnya, kami buatkan surat pernyataan terlebih dahulu untuk tidak melakukan kegiatan yang menganggu keamanan, ketertiban  masyarakat,“ ungkap AKP Juwanto.

Sementara itu, Awal, salah seorang warga Kelurahan Potoro, menyambut baik kegiatan rutin patroli bersama tersebut. Mengingat, kata pemuda berusia 24 tahun ini, dirinya yang berprofesi sebagai penjaga malam di salah satu instansi perkantoran, sangat terbantu dalam hal keamanan.

“Sebagai petugas jaga malam, kalau hanya satu dua orang, kami bisaji menegur orang kalau sudah tengah malam. Lain mi ceritanya kalo sudah banyak, tentunya kita juga khawatir," ujar Awal. (A)

Penulis: Ashar Hamka

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga