Didukung Dua Partai Besar, Abdul Rasak-Andi Sulolipu Berpotensi Menangkan Pilwali 2024

Sumarlin, telisik indonesia
Minggu, 04 Juli 2021
0 dilihat
Didukung Dua Partai Besar, Abdul Rasak-Andi Sulolipu Berpotensi Menangkan Pilwali 2024
Abdul Rasak (kiri) Andi Sulolipu (kanan) foto: Ist.

" Konfigurasi dua etnis besar di Kota Kendari yaitu Tolaki dan Bugis akan menjadi suara dasar untuk memperkuat basis mereka "

KENDARI, TELISIK.ID - Keputusan Abdul Razak dan Andi Sulolipu yang telah menyatakan sikap bakal berpasangan untuk maju sebagai calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kendari, pada pemilihan wali kota (Pilwali) 2024, akan diperhitungkan calon lain.

Sebab menurut pengamat politik dari Universitas Haluoleo, Najib Husain, keduanya berpotensi memenangi Pilwali Kendari 2024 mendatang.

Menurutnya, Abdul Razak dan Andi Solulipu sampai saat ini telah mendapatkan dukungan dari dua Partai yakni Partai Nasdem dan Partai Gerindra yang sama-sama memiliki jaringan cukup kuat, sehingga kekuatan mesin partai tidak perlu diragukan.

Kedua politisi ini  lanjut Najib, memiliki basis masa yang berbeda yaitu dapil Abeli Poasia yang merupakan kekuatan Abdul Rasak dan Kendari Barat merupakan basis massa Andi Sulolipu. Meskipun berbeda, namun basis ini saling menguatkan.

Baca Juga: Konsumsi Beras Tinggi, DTPHP Luncurkan Produk Pangan Lokal Pae Wuna

Baca Juga: Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan Picu Peningkatan PAD Kota Kendari

"Konfigurasi dua etnis besar di Kota Kendari yaitu Tolaki dan Bugis akan menjadi suara dasar untuk memperkuat basis mereka,” ungkapnya, Sabtu (3/7/2021).

Akademisi UHO ini menambahkan, kedua pasangan ini akan saling melengkapi satu sama lainnya. Kekurangan Abdul Razak akan ditutupi oleh kelebihan Andi, sedangkan kekurangan Andi akan ditutupi kelebihan Abdul Razak.

"Ini bisa membuat pasangan yang berakronim Asli ini cukup kuat untuk terus menambah elektabilitas sebelum hari Pilwali Kendari 2024 nantinya," pungkasnya.

Meskipun punya kekuatan, Najib memberi catatan penting agar pasangan ini perlu mengatur irama dan cerdas memainkan isu, karena pasangan sangat awal mensosialisasikan diri. (C)

Reporter: Sumarlin

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga