Dijadwalkan Kunjungi Wakatobi, Ini Agenda Presiden Jokowi

Boy Candra Ferniawan, telisik indonesia
Senin, 06 Juni 2022
0 dilihat
Dijadwalkan Kunjungi Wakatobi, Ini Agenda Presiden Jokowi
Presiden Jokowi bakal ke Wakatobi membuka GTRA Summit dan membagikan sertifikat tanah pada masyarakat Bajo. Foto: Repro mediafaktanews.com

" Presiden Jokowi diagendakan mengunjungi Kabupaten Wakatobi untuk menghadiri pembukaan rapat koordinasi nasional GTRA (Gugus Tugas Reforma Agraria) Summit 2022 yang akan dilaksanakan 8-10 Juni 2022 "

WAKATOBI, TELISIK. ID - Presiden Jokowi diagendakan mengunjungi Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara, untuk menghadiri serangkaian acara dalam pembukaan rapat koordinasi nasional GTRA (Gugus Tugas Reforma Agraria) Summit 2022 yang akan dilaksanakan 8-10 Juni  2022 mendatang.

Dalam kunjungan perdananya ke Wakatobi, Presiden Jokowi akan melakukan beberapa agenda di antaranya melakukan penyerahan sertifkat tanah untuk warga kampung Bajo Mola. Selepas itu, Jokowi nantinya akan beranjak menuju pasar terdekat untuk menyerahkan sejumlah bantuan sosial yaitu Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada para pedagang.

Presiden juga dijadwalkan akan meresmikan pelabuhan di Pulau Kaledupa, Tomia, dan Binongko secara simbolis di Dermaga Marina. Selain itu, presiden juga akan menyaksikan launching telemedicine BPJS dan UKM expo di Dermaga Marina dan peresmian dive spot Jokowi Point di Jetty Marina.

Menariknya lagi, untuk pertama kalinya, presiden akan melakukan pelepasan tukik di Patuno Resort serta menghadiri deklarasi yang dilakukan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

Diterangkan oleh Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Wakatobi, Erny, S.Pi. M.Si, sertifikat yang nantinya akan diserahkan oleh presiden sebanyak 525 untuk warga Pulau Wangi-Wangi. Sementara terkhusus warga Bajo Mola sendiri akan diberikan sebanyak 354 sertifikat.

“Penyerahan sertifikat awalnya akan dilakukan di wilayah daratan namun karena menyesuaikan dengan isu pengakuan terhadap masyarakat yang hidup di wilayah pesisir terutama bajo, sehingga lokasi penyerahan dialihkan ke Bajo Mola, Kecamatan Wangi-Wangi Selatan,” ungkap Erny, Minggu (5/6/2022).

Baca Juga: Cegah Penyalahgunaan Narkotika di Lingkungan Keluarga

Dijelaskan, penyerahan sertifikat tersebut merupakan pemberian hak warga yang bermukim di wilayah perairan yang baru pertama kalinya di Wakatobi. Di mana sebelumnya Badan Pertanahan Nasional (BPN) Wakatobi telah melakukan pendataan melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Wilayah Mola.

“Jadi orang yang tinggal di atas wilayah perairan itu diberikan sertifikat. Dalam arti semua ruang yang memanfaaatkan ruang laut itu harus ada izin. Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang Laut (KKPRL) namanya. Setelah keluarnya izin maka kami kemudian berikan haknya,” jelasnya

Hak yang diberikan kepada masyarakat Mola itu bertujuan meningkatkan taraf ekonomi khususnya nelayan. Sehingga diberikan Hak Guna Bangunan (HGB)  dengan jangka waktu selama 30 tahun. Setelah 30 tahun dapat diperpanjang kembali.

Kepala Desa Mola Utara, Salahudin yang dihubungi terpisah mengaku bersyukur atas pemberian sertifikat tersebut. Terlebih selama berpuluh-puluh tahun masyarakat di wilayah Mola belum memiliki hak atas kepemilikan tanahnya.

Baca Juga: Pj Bupati Muna Barat Tata Birokrasi Sesuai Aturan

“Masyarakat se-Mola Raya sangat bersyukur karena selama beberapa puluh tahun ini belum ada status hak sebagai bukti kepemilikan tanah mereka. Syukur Alhamdulilah dengan program Pak Jokowi ini masyarakat sangat berterima kasih,” ujar Salahudin.

Diketahui, kegiatan tersebut selain akan dihadiri oleh presiden,  akan hadir pula 7 menteri yaitu Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Menteri Kelautan dan Perikanan, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Menteri Agararia dan Tata Ruang/BPN, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral dan Menteri Investasi/BPKM. (B)

Penulis: Boy Candra Ferniawan

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga