Dijamin Ampuh, Ini 6 Cara Meredakan Rasa Pedas di Mulut

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 12 Juli 2022
0 dilihat
Dijamin Ampuh, Ini 6 Cara Meredakan Rasa Pedas di Mulut
Rasa pedas di mulut dapat diatasi dengan beberapa cara alami. Foto: Repro grid.id

" Makanan pedas adalah makanan yang biasa saja. Namun menjadi bahaya jika seseorang merasa terlalu kepedisan akibat memakan makanan pedas "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu rasa makanan yang cukup banyak digemari masyarakat adalah rasa pedas. Bahkan kurang nikmat rasanya kalau makanan yang dimakan tidak ada rasa pedasnya.

Dikutip dari hellosehat.com, selain menambah cita rasa dan nafsu makan, makanan pedas seringkali disebut bisa membuat tubuh Anda sehat.

Rasa pedas dan sensasi panas yang dihasilkan cabai sebenarnya disebabkan oleh senyawa kimia aktif dalam cabai yang disebut capsaicin.

Tidak hanya menggugah selera Anda, makanan pedas juga memiliki manfaat bagi tubuh Anda.

Pada umumnya, makanan pedas adalah makanan yang biasa saja. Namun menjadi bahaya jika seseorang merasa terlalu kepedisan akibat memakan makanan pedas.

Alhasil, akibat makan-makanan yang super pedas, mulut terasa terbakar. Mengatasi dengan minum air putih saja tidak cukup.

Ada beberapa cara untuk meredakan rasa pedas di mulut meskipun kamu sangat menyukai makanan yang  pedas.

Baca Juga: Ciri dan Cara Menghadapi Mental Breakdown

Melansir yoursay.id dari situs Medical Daily, berikut 5 hal yang harus kamu lakukan, di antaranya:

1. Minum segelas susu

Protein dalam susu yang disebut kasein dapat membantu meredakan rasa pedas pada mulut. Kasein tersebut dapat membantu menghilangkan sensasi pedas akibat capsaicin pada cabai.

2. Mengonsumsi gula putih atau madu

Gula pun dapat menghilangkan rasa pedas juga, lho! Cukup ambil satu sendok teh gula lalu makan perlahan. Gula dapat menyerap rasa pedas serta mengganti rasa pada lidahmu menjadi manis. Namun jika tidak ada gula, kamu pun dapat menggantinya dengan mengonsumsi madu.

3. Mengonsumsi cokelat

Jika di sekitarmu hanya ada sebatang cokelat, kamu bisa segera memakannya ketika kamu merasa pedas di lidah. Hal tersebut karena di dalam cokelat terdapat kandungan lemak yang tinggi sehingga capsaicin dari cabai pun dapat larut dengan cepat dan rasa pedas pun akan reda.

4. Mengonsumsi roti tawar

Ternyata, roti tawar pun dapat menetralkan rasa pedas pada mulut, lho! Jadi kamu tidak perlu khawatir lagi jika merasa pedas. Cukup kunyah selembar roti tawar, maka rasa pedas pun perlahan akan menghilang.

Baca Juga: Simak 6 Tips Memasak Daging Kambing agar Empuk dan Tidak Bau

5. Minum air hangat

Minum dengan air yang dingin justru tidak ada efek untuk menghilangkan rasa pedas pada mulut. Cobalah minum beberapa teguk air hangat meskipun di awal kamu akan merasakan rasa pedas dan panas bercampur di mulutmu. Tetapi itu hanya sebentar saja.

6. Makan nasi

Adapun cara terakhir yaitu mengunyah nasi. Kunyahlah gumpalan nasi saat rasa pedas menyerang sampai rasa pedas yang ada dalam mulut mereda. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga