Dijatah 2 Kali Seminggu, Solar di SPBU Buton jadi Barang Langka

Febriyani, telisik indonesia
Senin, 21 Agustus 2023
0 dilihat
Dijatah 2 Kali Seminggu, Solar di SPBU Buton jadi Barang Langka
BBM jenis solar langka di satu-satunya SPBU yang ada di Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton. Foto: Ist.

" Menurut sejumlah supir truk, antrean panjang sudah terjadi sejak beberapa bulan terakhir, akibat pasokan solar yang biasa dipasok tiga kali sebanyak 24 ribu liter per minggu, kini tidak menentu "

BUTON, TELISIK.ID - Kurangnya pasokan BBM jenis solar di Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, memicu antrean panjang kendaraan di SPBU. Bahkan para supir truk terpaksa harus nginap untuk mendapatkan solar.

Antrean panjang kendaraan terjadi di satu-satunya SPBU di Kabupaten Buton, tepatnya di Kelurahan Pasarwajo, Kecamatan Pasarwajo. Kendaraan yang mengantre didominasi kendaraan jenis truk yang menggunakan BBM jenis solar.

Menurut sejumlah supir truk, antrean panjang ini sudah terjadi sejak beberapa bulan terakhir, akibat pasokan BBM jenis solar yang biasa dipasok tiga kali sebanyak 24 ribu liter per minggu, kini menjadi tidak menentu.

Salah seorang sopir, Arjun mengungkapkan, tak jarang para supir harus menginap di depan SPBU untuk menghindari antrean panjang.

Baca Juga: Antrean Panjang BBM di SPBU Muna Teratasi

“Terkadang SPBU hanya mendapat jatah dua kali pengisian dalam seminggu, kadang juga tidak. Kasihan kita ini kalau tidak nginap, tidak dapat solar, tidak bisa cari nafkah, anak istri mau makan apa,” ungkapnya, Senin (21/08/2023).

Hal ini juga diungkapkan Basuki, sopir truk yang kerap mengantre di SPBU. Menurutnya, pasokan solar dari Pertamina tidak mencukupi kebutuhan masyarakat di Buton khususnya para sopir truk, yang mencari nafkah dengan melayani jasa pengangkutan material.

Baca Juga: Padatnya Antrean di SPBU Kendari Gegara Migrasi Pemakaian Kendaraan Non Subsidi

“Dengan kondisi ini kami kesulitan memenuhi kebutuhan keluarga, soalnya kalau tidak ada solar kita nganggur, tunggu ada solar baru bisa kerja,” tutur Basuki.

Para sopir berharap pasokan BBM khususnya solar dapat ditambah untuk wilayah Kabupaten Buton, agar ke depannya tidak ada lagi antrean panjang BBM, atau bahkan sampai nginap di SPBU.

Antrean BBM ini juga mengakibatkan ruas jalan di sekitar SPBU menjadi macet hingga petugas satuan lalu lintas Polres Buton harus turun ke jalan untuk mengurai kemacetan. (B)

Penulis: Febriyani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga