adplus-dvertising

Dikabarkan Terlantar, Peserta Napak Tilas Oputa Yii Koo Bubar

Iradat Kurniawan, telisik indonesia
Kamis, 26 Mei 2022
601 dilihat
Dikabarkan Terlantar, Peserta Napak Tilas Oputa Yii Koo Bubar
Jalan masuk menuju tempat akan diadakannya puncak acara napak tilas Oputa Yii Koo di Desa Wasuemba Kecamatan Lasalimu Kabupaten Buton. Foto: Iradat Kurniawan/Telisik

" Peserta Napak Tilas Oputa Yii Koo yang sekiranya terselenggara pada 22-28 Mei 2022, dikabarkan telah pulang sebelum waktu yang telah ditetapkan "

BUTON, TELISIK.ID - Peserta Napak Tilas Oputa Yii Koo yang sekiranya terselenggara pada 22-28 Mei 2022, dikabarkan telah pulang sebelum waktu yang telah ditetapkan.

Diketahui, napak tilas tersebut merupakan rangkaian dari HUT Provinsi Sulawesi Tenggara, dalam rangka mengenang kembali perjuangan seorang pahlawan nasional asal Buton yang berjuluk La Karambau atau biasa sebut dengan nama Oputa Yii Koo.

Dari informasi yang dihimpun oleh Telisik.id, di desa tempat napak tilas itu berlangsung, beberapa warga setempat mengatakan, para peserta telah pulang dari lokasi napak tilas tersebut diadakan, Rabu (25/5/2022) malam.


Para peserta tersebut kata warga setempat telah dijemput oleh mobil milik pemerintah setempat, tapi penyebab kepulangan peserta lebih awal tersebut tidak diketahui apa penyebabnya.

Bersumber dari informasi yang ada, kepulangan dari para peserta napak tilas tersebut, diduga karena terlantar oleh panitia penyelenggara yang terkesan lepas tangan, sehingga kebutuhan akomodasi para peserta tidak terpenuhi dengan baik.

Baca Juga: Anggaran KONI Muna Terbatas, Ditambah di Perubahan APBD 2022

Juga para peserta tidak terlalu menguasai medan yang ada, sehingga kebanyakan dari mereka tersesat di dalam hutan belantara.

Akhirnya pemerintah Kabupaten Buton, masyarakat adat setempat dan pihak kepolisian pun, turun tangan mengevakuasi satu persatu para peserta.

Camat Lasalimu, La Ode Zahaba mengungkapkan, bersyukur Pemerintah Kabupaten Buton selalu siaga memastikan keselamatan peserta.

Baca Juga: Masa Bakti P3K Guru di Konawe Ditentukan Berdasarkan Kinerjanya

Hal tersebut sebagai bentuk tangung jawab moral karena even dilaksanakan di Kabupaten Buton meski pun Pemkab bukan bagian dari panitia bentukan provinsi.

Peserta napak tilas itu pun telah dievakuasi dan semuanya dipastikan selamat sampai ke perkampungan, tempat di mana napak tilas tersebut dilaksanakan.

"Setelah dilakukan evakuasi, para peserta dikumpul di posko yang ada di pasar di Wasamba, segera dipulangkan dengan menggunakan bus perhubungan bagi peserta di Baubau," tutur Camat Lasalimu La Ode Zahaba. (B)

Penulis: Iradat Kurniawan

Editor: Kardin

Baca Juga