Dikbud Sulawesi Tenggara Gelar Aksi Serentak Tanam Hortikultura

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 22 November 2023
0 dilihat
Dikbud Sulawesi Tenggara Gelar Aksi Serentak Tanam Hortikultura
Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi (tengah) bersama Kepala Dinas Dikbud Sulawesi Tenggara, Yusmin (kanan), saat melakukan penanaman tanaman hortikultura. Foto: Repro sgj10.com

" Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tenggara mengadakan aksi penanaman serentak tanaman hortikultura, seperti cabai, tomat, dan bawang merah "

KONAWE, TELISIK.ID - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tenggara mengadakan aksi penanaman serentak tanaman hortikultura, seperti cabai, tomat, dan bawang merah.

Gubernur Sulawesi Tenggara, H. Ali Mazi, memimpin aksi yang melibatkan hampir 100 ribu siswa-siswi SMA dan SMK se-Sulawesi Tenggara, beserta para guru kelas yang turut serta dalam penanaman ini di SMKN PP 5 Konawe (sebelumnya dikenal sebagai SPMA Wawotobi).

Kepala Dinas Dikbud Sulawesi Tenggara, Yusmin, menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan implementasi Program Merdeka Belajar yang diinisiasi oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Menurutnya, penanaman serentak jenis sayuran seperti cabai, tomat, dan bawang merah di seluruh Sulawesi Tenggara, adalah bagian dari Gerakan Ketahanan Pangan (Ketapang) untuk mengurangi laju inflasi di daerah tersebut.

Persiapan penanaman tanaman hortikultura. Foto: Repro sgj10.com

 

Yusmin menjelaskan, partisipasi dalam menanam tanaman hortikultura merupakan bagian dari upaya strategis pemerintah daerah untuk membantu mengurangi laju inflasi nasional.

Baca Juga: Dikbud Sulawesi Tenggara Pastikan Semua SMA/SMK Terapkan Pendidikan Pancasila

Dengan melibatkan seluruh siswa-siswi SMA dan SMK se-Sulawesi Tenggara beserta para guru, diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dalam mendukung ketahanan pangan daerah dan upaya menekan laju inflasi yang tengah menjadi fokus pemerintah pusat.

Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi, melakukan penanaman tanaman hortikultura. Foto: Repro sgj10.com

 

Diketahui, dikutip dari Jurnal Gubernur Sulawesi Tenggara, aksi penanaman tanaman hortikultura ini merupakan bagian dari peluncuran Program Ketahanan Pangan Siswa SMA dan SMK se-Sulawesi Tenggara Tahun 2023 oleh Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi, di Konawe pada 6 Juni 2023.

Ali Mazi melihat kegiatan ini sebagai kesempatan yang tepat untuk memperkuat sektor pertanian dan memberikan peluang kepada siswa-siswi SMA dan SMK se-Sulawesi Tenggara untuk terlibat langsung dalam pembangunan daerah.

Baca Juga: Asah Kemampuan Siswa dan Ciptakan SDM Unggul, Dikbud Sulawesi Tenggara Bakal Gelar Lomba Seni

Gubernur menyampaikan terima kasih kepada kepala sekolah, guru, dan staf yang telah mendukung serta melibatkan siswa-siswi dalam kegiatan ini. Menurutnya, peran semua pihak sangat penting dalam membentuk sikap positif dan kesadaran mengenai pentingnya pertanian dan ketahanan pangan di kalangan generasi muda.

Ali Mazi menyatakan, melalui pendidikan dan pembelajaran, kita dapat menginspirasi mereka untuk berkontribusi dan ikut berperan aktif dalam pengembangan sektor pertanian.

Setelah kegiatan penanaman ini, Ali Mazi menekankan pentingnya upaya bersama seluruh komponen daerah untuk merawat tanaman dengan baik, sehingga tanaman dapat tumbuh subur dan menghasilkan panen sesuai dengan harapan, baik dari segi kuantitas maupun kualitas. (B-Adv)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga