Dikendalikan dalam Rutan, Jaringan Sabu Asal Malaysia Terbongkar

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Jumat, 18 Desember 2020
0 dilihat
Dikendalikan dalam Rutan, Jaringan Sabu Asal Malaysia Terbongkar
Para tersangka pengedar sabu di Mapolrestabes Surabaya. Foto: Try Wahyudi/Telisik

" Jaringan ini banyak sekali, dimana sebelum mengungkap kasus ini telah diamankan sembilan tersangka lainnya. "

SURABAYA, TELISIK.ID - Satreskoba Polrestabes Surabaya, mengungkap peredaran narkoba dengan jaringan internasional yang pengirimannya melalui Malaysia. Sedangkan peredarannya dikendalikan dari rutan Medaeng Sidoarjo.

Dalam pengungkapan tersebut diamankan beberapa tersangka antara lain IH, MY, RH, RY dan AA yang kesemuanya adalah kurir dari salah satu bandar yang berinisial FR yang terlebih dahulu ditembak mati petugas saat dilakukan penangkapan di kawasan Gayungan Surabaya.

"Jaringan ini banyak sekali, dimana sebelum mengungkap kasus ini telah diamankan sembilan tersangka lainnya," ungkap Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Johny Eddizon Issir saat ditemui di Mapolrestabes Surabaya, Jumat (18/12/2020).

Baca juga: Siapa Artis TA? Ditangkap Saat Kencan di Hotel Bersama Pria

Issir mengatakan, penangkapan terhadap para tersangka tersebut dilakukan di wilayah Jakarta, Sidoarjo dan Surabaya saat melakukan transaksi.

"Semuanya menggunakan sistem ranjau dengan mengambil barang di sebuah hotel di Jakarta, Surabaya dan Sidoarjo," terangnya.

Barang bukti yang diamankan antara lain sabu 10 kg, koper besar dan ponsel.

"Untuk pasal yang kami jeratkan yaitu pasal  114(2) UU No 35 tahun 2009 dengan ancaman maksimal 20 tahun penjara," pungkasnya. (C)

Reporter: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga