Dimakan Bersama Belatung Hidup, Ini Makanan Paling Aneh di Dunia

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Kamis, 23 Juni 2022
0 dilihat
Dimakan Bersama Belatung Hidup, Ini Makanan Paling Aneh di Dunia
Casu marzu, keju yang dimakan dalam kondisi diselubungi larva atau belatung yang masih hidup. Foto: Repro Inibaru.id

" Keju casu marzu seringkali disebut sebagai keju paling berbahaya di dunia "

ROMA, TELISIK.ID - Seperti yang kita tahu bahwa setiap negara di dunia memiliki agama, budaya hingga makanan yang menjadi ciri khas negara tersebut. Sayangnya tidak semua makanan di negara tersebut sesuai dengan lidah kita.

Baik karena bahan yang digunakan, rasa yang aneh ataupun karena pengelolaannya yang unik. Tapi perlu diingat, apa yang dianggap aneh atau berbahaya bagi kita atau orang luar lainnya, bisa dianggap sebagai bahan makanan lezat dan berharga di daerah atau negara tertentu.

Salah satunya, adalah keju casu marzu yang berasal dari negara Italia ini. Mengutip dari Cnnindonesia.com, keju casu marzu seringkali disebut sebagai keju paling berbahaya di dunia. Sebab, jenis keju ilegal yang pertama kali ditemukan di Sardinia, Italia ini dibuat dari susu domba dan disajikan dalam kondisi diselubungi belatung.

Tak hanya disajikan saja, namun keju ini juga dimakan bersama belatungnya dalam kondisi belatung itu masih hidup.

Adapun proses pembuatan keju ini sendiri dimulai dengan membuat keju tradisional bernama pecorino lebih dulu dengan memanaskan susu domba, lalu dibiarkan mengendap dan diawetkan selama tiga minggu.

Baca Juga: Tolak Ajakan Nikah, Mahasiswi Cantik Ini Dibunuh di Depan Kampus

Setelah itu bagian yang mengeras dipotong dan didiamkan. Selama didiamkan ini keju akan mengundang lalat untuk makan dan bertelur di permukaan keju. Lalu keju itu akan dibiarkan di dalam gubuk yang gelap selama tiga minggu sehingga telur lalat mulai berubah menjadi larva.

Keju casu marzu biasanya dimakan dalam kondisi larva atau belatung dalam kondisi hidup. Mereka yang memutuskan ingin menyantap keju dalam tubuh belatung ini mesti berpikir berulang kali dulu. 

Dan perlu diingat, saat memakannya pastikan untuk menggigit belatung sampai mati sebelum menelannya. Jangan biarkan belatung hidup masuk ke pencernaan dan membuat usus jadi bolong.

Baca Juga: Tak Ada Polisi dan Pemerintah, Inilah Kota Tanpa Negara

Di samping itu, terdapat beberapa makanan di dunia yang sama anehnya dengan keju casu marzu lho. Berikut daftarnya seperti dikutip dari Idntimes.com:

- Casu marzu (keju basi) - Italia

- Balut (embrio bebek) - Filipina

- Surstömming (ikan basi) - Swedia

- Mata tuna - Jepang

- Telur 1000 tahun - Tiongkok

- Tarantula goreng - Kamboja

- Snake wine (ular anggur) - Tiongkok

- Blood sausage (sosis darah) - Afrika, Asia, Amerika, dan Eropa

- Sannakji (gurita hidup) - Korea Selatan

- Hati kobra - Vietnam

- Shirako (kantung sperma ikan kod) - Jepang

- Sannakji (gurita hidup) - Korea Selatan. (C)

Penulis: Nurdian Pratiwi

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga